Disperkim Kalsel Turut Serta Penanganan Mitigasi Bencana Karhutla

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) turut serta pada kegiatan apel Mitigasi Penanganan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta kekeringan di halaman Kantor Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Sabtu (9/9/2023).

Kegiatan apel dipimpin langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan dihadiri seluruh kepala SKPD lingkup Kalsel, relawan Karhutla dan unsur lainnya.

Kadisperkim Kalsel, Mursyidah Aminy melalui Sekretaris Rusidah mengatakan pada kegiatan mitigasi bencana Karhutla dan kekeringan, pihaknya menurunkan personil pegawai PNS dan tenaga kontrak.

“Kami terjunkan sekitar 20 orang personil untuk pembersihan area hutan di sekitar Bundaran Pengadilan tinggi komplek perkantoran Pemprov Kalsel,” kata Rusidah.

Selain membersihkan area hutan, pihaknya juga membagikan air bersih sebanyak 2.800 liter dengan menggunakan mobil hilux berkapasitas tandon air 700 liter.

“Kami bagikan air bersih kepada masyarakat sekitar desa Palm Banjarbaru. Air bersih dibagikan secara gratis,” ujarnya.

Selain itu juga, Disperkim Kalsel juga melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang bahayanya karhuta dan melibatkan masyarakat untuk berperan aktif dalam kegiatan ini.

“Kita sambil membagi air bersih sekaligus membantu masyarakat akibat kemarau yang panjang ini,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai