Ratusan Atlet Bertanding Catur Cepat Rektor CUP VII ULM

Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel, Sutarto (kiri) Hadi melawan Wakil Rektor ULM Banjarmasin bertanding catur cepat pada kegiatan pertandingan catur cepat terbuka “Rektor Cup VII ULM” di Aula Kantor Rektor ULM Banjarmasin, Sabtu (3/9/2022). MC Kalsel/tgh

Sebanyak 136 atlet catur dari 10 kabupaten/kota se Kalsel mengikuti pertandingan catur cepat terbuka “Rektor Cup VII ULM” di Aula Kantor Rektor ULM Banjarmasin. 

Turnamen catur digelar dalam rangka memeriahkan dies Natalia ke-64 ULM Tahun 2022.

Pembukaan turnamen catur cepat Rektor CUP VII ULM ditandai dengan pertandingan catur eksebisi antara Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel, Sutarto Hadi melawan Wakil Rektor ULM Banjarmasin yang disaksikan langsung oleh Wakil Ketua Percasi Kalsel, M Amin.

Sutarto Hadi mengatakan turnamen catur Rektor CUP ke VII merupakan agenda rutin yang diselenggarakan untuk mengasah kemampuan para atlet catur di Kalsel.

“Tentunya pertandingan ini penting bagi atlet untuk tetap menjaga kebugaran dan kesiapan dalam permainan catur dan menambah jam terbang mereka,” kata Sutarto, Sabtu (3/9/2022).

Oleh karena itu, pihaknya sangat serius untuk membina atlet catur di Kalsel, terutama upaya untuk mengembalikan kejayaan catur kalsel di tingkat nasional dan internasional.

“Bahkan kami telah mengirimkan atlet catur terbaik Kalsel untuk mengikuti kejuaraan nasional maupun internasional seperti beberapa kejuaraan yang sudah diikuti oleh atlet junior, senior maupun veteran di 

Bangka Belitung, Banten, Jakarta dan Mandalika NTB,” ujarnya.

Selain itu, pada bulan Desember nanti, pihaknya tengah mempersiapkan diri untuk mengirimkan atlet catur untuk berlaga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Jakarta.

Kemudian persiapan lainnya, tentunya saja berkaitan dengan pelaksanaan pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang dikabarkan bahwa catur tidak dipertandingkan.

“Alhamdulillah berkat audiensi kita kepada Bupati HSS, beliau memberikan jaminan bahwa catur tetap akan dipertandingkan di porprov 2022. Ini merupakan ajang sangat penting di level provinsi dan juga nanti di kejurnas di level nasional,” ungkapnya.

Ia memastikan cabang olahraga catur pada Porprov di HSS tahun 2022 seluruh cabang kategori di pertandingkan untuk catur dan memperebutkan 20 medali emas.

“Mudah-mudahan dengan adanya kepastian catur dipertandingkan di Porprov dari seluruh kabupaten/kota tetap giat untuk berlatih,” pungkasnya.  MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai