50 Pemuda Diberikan Pelatihan Kepemimpinan

Sebanyak 50 pemuda dari organisasi kepemudaan se Kalimantan Selatan (Kalsel) diberikan Pelatihan kepemimpinan pemuda tahun 2023 di Banjarmasin.

Pelatihan pemuda ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pembelajaran dan sikap kepemimpinan agar mereka dapat menjadi calon pemimpin bangsa sekaligus sebagai upaya peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

“Kita ingin pemuda yang hari ini diberikan pelatihan dapat berkembang menjadi pemuda yang hebat dan mampu menjalankan organisasi kepemudaan agar dapat memajukan Kalsel,” kata Kadispora Kalsel, Hermansyah melalui Sekretaris Dispora Kalsel, Fathul Bahri, Kamis (7/9/2023).

Menurutnya, pelatihan kepemimpinan pemuda ini merupakan suatu wadah para pemuda untuk menimba ilmu pengetahuan dari narasumber, sekaligus mengasah jiwa kepemimpinan yang bermoral dan mampu meghadapi masa mendatang yang terus berkembang.

“Jiwa kepemimpinan tidak hanya berguna saat menjadi pemimpin saja tetapi juga sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Pada masa sekarang ini sifat maupun pribadi seseorang sangat mudah terpengaruh terhadap lingkungan sekitar dan juga terpengaruh dengan apa yang kita dengar dan lihat di dunia maya,” ujarnya.

Berdasarkan data IPP kalsel pada tahun 2021 di urutan 21 se Indonesia, kemudian di tahun 2022 Kalsel diurutan 25 se Indonesia.

“Jadi ada penurunan ditahun 2022 IPP Kalsel. Untuk itu Pemprov kalsel akan terus berupaya agar IPP Kalsel meningkat,” kata Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kalsel, Anugerah.

Menurutnya, untuk meningkatkan IPP ada lima domain dasar yang harus dilakukan yaitu pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, kesempatan kerja, partisipasi dan kepemimpinan, serta gender dan diskriminasi.

“Jadi lima ini harus kita lakukan tidak bisa hanya Dispora yang bergerak sendiri melainkan harus bersama-sama dengan SKPD lainnya,” ungkapnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai