Pemprov kalsel Imbau Masyarakat untuk Gunakan Masker Pada Musim Karhutla


Plt Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, Diauddin

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatean melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin terus mengimbau masyarakat menggunakan masker serta menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mengantisipasi terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat karhutla.

Plt Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmarin, Diauddin mengungkapkan sesuai instruksi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor pihaknya akan mengupayakan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat, terutama terhadap penyakit ISPA.

“Ada beberapa gejala umum dari penderita ISPA seperti batuk, pilek disertai demam, serta kabut asap karena Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla),” ucapnya, Banjarmasin, Senin (4/9/2023).

Ia menerangkan dari data RSUD Ulin Banjarmasin angka penyakit ISPA di bulan Juli terdapat 0 kasus dan di bulan Agustus sebanyak 3 kasus yang menyerang anak – anak. Menurutnya, ISPA dapat disebabkan oleh virus dan bakteri yang mudah ditularkan, seperti anak-anak, lansia dan orang dengan daya tahan tubuh yang rendah.

Ia meminta di musim panas seperti ini agar masyarakat untuk tidak membakar sampah, apalagi membakar lahan untuk membuka lahan. karena itu akan membuat udara menjadi tercemar. Untuk itu, Diauddin berpesan kepada masyarakat apabila mengalami tanda-tanda perburukan gejala agar sesegera mungkin melakukan perawatan di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat sehingga mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah komplikasi yang berat.

“Bagi yang memiliki aktifitas diluar ruangan agar bisa melindungi dirinya dengan memakai masker. Terutama bagi yang rentan. “Seperti mereka yang punya penyakit asma,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai