Hidupkan Kearifan Lokal, Dispora Gelar Lomba Jukung Tradisional

Pengibaran bendera start dilakukan langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di wakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah, Banjar, Minggu (15/5/2022). MC Kalsel/tgh

Lomba jukung tradisional (Perahu Naga Gubernur Kalsel Cup 2022) yang digelar di kawasan wisata sungai Khatulistiwa Desa Sugai Rangas Tengah Kabupaten Banjar resmi dimulai.

Pengibaran bendera start dilakukan langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di wakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah dan disaksikan ratusan masyarakat.

Hermansyah mengatakan kegiatan ini dilaksanakan oleh Dispora Kalsel bekerja sama dengan Pemdes Sungai Rangas Tengah dan aparat TNI/Polri dalam rangka untuk memberdayakan olahraga balap jukung tradisional banua.

“Tujuan kegiatan lomba jukung tradisional ini untuk menghidupkan budaya sungai yang melekat di masyarakat Banjar agar tak tenggelam oleh arus modernisasi,” kata Hermansyah, Minggu (15/5/2022).

Lanjut ia menambahkan, kegiatan ini juga mendukung berkembangnya kearifan lokal dan sekaligus menjaga kebersihan sungai di sisi lingkungannya.

Oleh karena itu, perhelatan lomba jukung ini juga dapat mendukung pariwisata Kalsel khususnya di objek wisata sungai. 

“Jadi kegiatan ini sesuai harapan Gubernur Kalsel, agar menghidupkan potensi sungai di Kalsel sekaligus agar jukung tradisional tidak tenggelam oleh modernisasi transportasi darat yang berkembang kian pesat,” ungkapnya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Salmani mengatakan kegiatan lomba jukung ini diikuti 58 peserta dari berbagai Kabupaten/kota di Kalsel seperti Kabupaten Banjar, Banjarmasin, Tapin, Batola dan HSS.

“Kegiatan ini diikuti 58 peserta dengan format kompetisi secara dua tahap, yakni diawali dengan babak kualifikasi yang mengusung format time Attack dan dilanjutkan dengan babak Knock Out (gugur),” katanya

Kemudian lintasan yang digunakan yakni sepanjang 500 meter di aliran Sungai Martapura dan hadiah yang diperebutkan ratusan juta rupiah. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai