Terus Rajut Kebersamaan, Gubernur Kalsel Silaturahmi Bersama Warga Malaysia Keturunan Banjar

Foto Bersama usai kegiatan Makan Malam dan Silaturahmi Gubernur Kalsel atau Ketua Kerukunan Bubuhan Banjar Sedunia, Sahbirin Noor bersama warga Malaysia keturunan Banjar yang tergabung dalam Pertubuhan Banjar Malaysia, di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Selasa (29/8/2023) malam. MC Kalsel/Ar

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor yang juga Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Sedunia menjamu makan malam dan bersilaturahmi bersama warga Malaysia keturunan Banjar yang tergabung dalam Pertubuhan Banjar Malaysia (PBM), di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Selasa (29/8/2023) malam.

Dalam silaturahmi warga Malaysia keturunan Banjar disuguhkan makanan khas Kalsel, seperti Soto Banjar, ikan saluang, patin, sayur asam hingga kue bingka dan kue lam dan dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel serta Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel.

Sahbirin menyampaikan, keberadaan orang Banjar di Nusantara bahkan di banyak negara memang sudah tidak diragukan lagi dan saat ini KBB yang telah didatangi ada 14 provinsi serta masih banyak lagi yang tersebar di provinsi dan negara lainnya.

“Kita telah mengukuhkan KBB di sejumlah provinsi, seperti Provinsi Jawa Tengah, Kepulauan Riau, DI Yogyakarta, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan lainnya,” ungkap Sahbirin.

Sahbirin menyebutkan, ketokohan Datu Kalampayan yang pada jamannya menimba ilmu hingga ke Madinah dan setelah menimba ilmu kembali ke Banjar. Bahkan, Datu Kalampayan mengajarkan ilmu yang didapatkan dengan mengarang Kitab Sabilal Muhtadin.

“Barisan orang-orang tua kita dulu kalau ke negeri orang, rindu pulang ke Banjar dan menjadi naluri bagi orang Banjar sedunia,” tutur Sahbirin.

Wakil Presiden PBM, Jamaluddin Asy’ari menambahkan sebanyak 52 anggota PBM yang hadir disini dan sangat mengapresiasi terhadap Gubernur Kalsel atau Ketua Umum KBB Sedunia yang terus aktif dalam merajut kebersamaan bubuhan Banjar di Indonesia maupun luar negeri, seperti di Malaysia.

“Kami juga ingin dari kedatangan disini bisa diupayakan dalam menyediakan rute penerbangan langsung dari Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru ke Malaysia,” imbuh Jamaluddin.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KBB Sedunia, Taufik Arbain mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu keinginan Ketua Umum KBB Sedunia dalan menyatukan warga Banjar di tanah air bahkan di dunia.

“Memang orang Banjar juga tersebar di negara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Mesir, Arab Saudi, Amerika Serikat dan lainnya,” kata Taufik.

Diketahui, Gubernur Kalsel atau Ketua Umum KBB Sedunia, Sahbirin Noor memberikan cinderamata berupa miniatur rumah adat dan kain sasirangan kepada Wakil Presiden PBM, Jamaluddin Asy’ari. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai