Rakorda Dinas Koperasi Se-Kalsel, Selaraskan Kegiatan Pemerintah Pusat Hingga Daerah

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) bersama Dinas Koperasi se-Kalsel yang difasilitasi oleh Kementerian Koperasi di salah satu hotel di Banjarbaru. Dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel melakukan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) bersama Dinas Koperasi se-Kalsel yang difasilitasi oleh Kementerian Koperasi di salah satu hotel di Banjarbaru.

Kepala Dinaskop Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai menyebutkan Rakorda Tahun Anggaran 2023 ini dilakukan guna memberikan pengetahuan bagi seluruh Dinas Koperasi se-Kalsel untuk membantu keselarasan pelaksanaan kegiatan.

“Rakorda ini merupakan perencanaan pusat dan daerah pada bidang koperasi dan kita harapkan rencana penganggaran UMKM dan Koperasi baik itu di pusat, provinsi, dan daerah dapat bersinergi untuk mencapai target nasional,” kata Gusti Yanuar Noor Rifai, Kamis (24/82023).

Menurutnya perencanaan tersebut ditargetkan pada tahun 2024 nanti 30 juta UMKM akan Go Digital dan 500 koperasi modern.

Pembahasan lainnya seperti rencana pendataan UMKM nantinya akan dilanjutkan bagi 8 kabupaten/kota di Kalsel, ini akan dilakukan kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Oktober 2023 mendatang.

Rakorda ini dilaksanakan selama dua hari, diharapkan pula nantinya membuahkan hasil agar terciptanya persamaan dalam penganggaran dana dekonsentrasi antara daerah dengan pusat.

“Kemudian juga diharapkan terwujudnya sinkronisasi kegiatan yang dapat mendukung kemajuan daerah melalui anggaran pusat dan memperkuat komitmen bersama untuk dukungan pemberdayaan KUMKM di daerah khususnya di Kalsel,” tuturnya.

31 peserta mengikuti Rakorda ini yang akan dibekali pula dengan berbagai pembahasan dengan menghadirkan empat narasumber, diantaranya Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Bappeda Provinsi Kalsel, Kantor Wilayah Anggaran DJPB Provinsi Kalsel, serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai