Tingkatkan Minat Baca, Tim Pusling Dispersip Kalsel Roadshow ke Kabupaten Kotabaru

Puluhan siswa antusias membaca buku yang dibawa tim Pusling Dispersip Kalsel.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel terus menggencarkan promosi minat baca dan literasi kepada anak-anak muda di daerah pelosok.

Dengan menurunkan 10 tim perpustakan kelilingnya, Dispersip Kalsel mendatangi 8 sekolahan yang ada di dua Kecamatan di Kabupaten Kotabaru diantaranya Kecamatan Pulau Laut Tengah SMAN 1 Pulau Laut Tengah, SMPN 1 Pulau Laut Tengah, SDN Sungup Kanan, dan SDN 1 Pantai Baru.

Kemudian di Kecamatan Pulau Laut Timur yakni SMAN 1 Pulau Laut Timur, SMPN 1 Pulau Laut Timur, SDN Berangas, dan SDN Teluk Gosong.

Kedatangan Tim Pusling ini tentunya disambut antusias para peserta didik dan dewan guru yang terlihat ramai dan antre untuk membaca buku.

Selain membawa ratusan buku bacaan, tim perpustakan keliling Dispersip Kalsel juga turut membagikan ratusan bendera merah putih kepada ratusan siswa-siswi untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Kepala SDN Sunggup Kanan, Muslih Ansori mengatakan pihaknya sangat kagum dan mengapresiasi atas gerakan yang dilakukan oleh jajaran Dispersip Kalsel ini.

“Seperti yang kita tahu, buku adalah jendela dunia, jadi kedatangan mobil perpustakaan keliling Dispersip Provinsi Kalsel ini sangat membantu dan bermanfaat sekali bagi untuk menambah wawasan anak-anak didik kami,” kata Muslih, Rabu (23/8/2023).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Pulau Laut Timur, Suriani Anshari dia berharap kerjasama ini bisa terus berkisnambungan, karena dapat membantu meningkatkan literasi siswa setempat.

“Semoga kunjungan ini bisa berkesinambungan, paling tidak bisa terjadwalkan satu bulan sekali untuk menambah wawasan siswa kami dan membiasakan mereka membaca. Jujur koleksi perpustakaan kami masih terbatas saat ini, untuk itu kunjungan seperti ini sangat kami nantikan,” tutur Suriani.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie menuturkan, bahwa pihaknya senang atas sambutan baik berbagai lembaga ataupun sekolahan terhadap program roadshow perpustakaan kelilingnya.

Dia pun berkomitmen untuk terus menggalakan program ini untuk membumikan minat baca dan literasi kepada masyarakat Banua, khususnya para generasi muda penerus bangsa.

“Semoga ini dapat terus kita jalankan dan dapat pula didukung semua pihak, termasuk perpustakaan kabupaten/kota,” ujar Nurliani. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai