Disela Kunjungan ke Perpustakaan, Kadispersip Jadi Juri Dadakan Lomba Menyiapkan Bekal

Suasana penilaian lomba menyiapkan bekal yang dilakukan oleh murid TK Islam Al-Mukhtar.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel kedatangan pemustaka cilik dari TK Islam Al Mukhtar Desa Pematang Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar untuk berkunjung ke Layanan Kid’s Library Perpus Palnam belum lama ini.

Tidak hanya melakukan kunjungan, pada kesempatan tersebut pihak TK Islam Al Mukhtar mengadakan lomba menyiapkan bekal untuk Anak TK dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Sekolah TK Islam Al Mukhtar, Octaviani pun meminta Kepala Dispersip Provinsi Kalsel untuk menjadi juri pada lomba tersebut.

Hal ini pun disambut baik oleh Nurliani, dia pun terkejut dirinya daulat sebagai juri dadakan untuk lomba yang diadakan pada kunjungan tersebut, nampak ada 25 bekal anak yang tersaji untuk dia nilai.

Nurliani menuturkan membekali anak dengan makanan sehat merupakan hal yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab, banyak ditemukan makanan mengandung bahan kimia berbahaya, seperti pewarna, pengawet, dan pemberi rasa. Peran orang tua penting secara rutin untuk terus mengenalkan makanan bekal yang lezat, sehat, dan bergizi.

“Untuk kategori penilaian yang saya gunakan adalah berdasarkan pada tersedia gizi 4 sehat 5 sempurna pada bekal anak ini, selain itu kreativitas, komposisi, dan kebersihan dari bekal yang disiapkan,” kata Nurliani melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Banjarmasin, Kamis (17/8/2023).

Pada kesempatan ini juga, Nurliani mengingatkan betapa pentingnya literasi bagi anak usia dini, dia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat Banua untuk berkunjung ke perpustakaan.

“Perlu kita sadari bersama akan pentingnya menanamkan literasi sejak usia dini. Untuk manfaatkanlah keberadaan perpustakaan sebaik mungkin untuk menambah literasi khususnya bagi generasi muda kita,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Islam Al Mukhtar, Octaviani mengatakan melalui lomba tersebut pihaknya ingin memberikan pesan kepada para orang tua untuk membiasakan diri membekali anak dengan pola hidup sehat, salah satunya adalah dengan membawa bekal sendiri dari rumah.

Dengan membawa bekal sendiri dari rumah, lanjutnya, orang tua dapat mengontrol asupan gizi untuk anak-anaknya, mengingat asupan gizi yang seimbang sangat penting bagi tumbuh kembang anak usia dini.

“Kunjungan kami kali ini kami gabungkan dengan lomba keterlibatan orang tua siswa dalam menyiapkan bekal sehat untuk anak. Kami juga merasa sangat bersyukur disambut langsung oleh Bunda Nunung Kepala Dispersip Kalsel, yang merupakan tokoh kebanggaan masyarakat Gambut. Anak-anak juga sangat antusias saat bertemu dengan orang nomor satu di Dispersip Provinsi Kalsel ini,” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai