Gubernur Kalsel Lepas Peserta Lomba Gerak Jalan 20 KM

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melepas peserta lomba gerak jalan 20 Km di halaman kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Minggu (13/8/2023). Dok

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melepas peserta lomba gerak jalan 20 Km di halaman kantor Setdaprov Kalsel, di Banjarbaru, Minggu (13/8/2023).

Acara lomba gerak jalan Piala Bergilir Gubernur Kalimantan Selatan ini rutin digelar Pemerintah Provinsi Kalsel tiap tahun dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-73 Kalsel dan HUT ke-78 Republik Indonesia.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutannya mengatakan, bahwa lomba gerak jalan yang rutin digelar tiap Agustus, mengandung makna yang dapat menggugah semangat, mengingat sejarah, dan menanamkan kecintaan generasi muda terhadap bangsa dan Banua.

“Melalui lomba gerak jalan ini, saya mengharapkan, para peserta dapat mengaplikasikan, semangat dan makna yang terkandung di dalamnya. Sehingga dapat menjadi pioner atau teladan, sebagai generasi yang mencintai bangsa dan banua, generasi yang menghargai jasa para pahlawan, serta generasi yang terus berupaya, untuk mewujudkan cita-cita para pejuang, dan para pendiri bangsa dan banua,” katanya.

Ia juga mengenang masa kecilnya ketika mengikuti lomba gerak jalan agustusan, menurutnya waktu itu Ia mengikuti lomba tersebut berbeda jauh dengan yang sekarang.

“Lomba gerak jalan sekarang ini 20 Km sementara di zaman saya itu jauhnya mencapai 45 Km. Pokoknya sampai sepatu di taruh di pundak jauhnya dari Banjarmasin-Banjarbaru, dan saya ditunjuk menjadi komandan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel, Hermansyah mengatakan peserta lomba gerak jalan 20 km ini diikuti 9 regu dari Putera yakni dari Yonif 623, Yonif 621, Ditsamapta Polda, KORMI Banjar, TNI AL, Denzipur 8/GM, Ditpolairud, Saka Bhayangkara Ditpolairut dan TNI AU.

“Jadi hari ini 20 km. Kemaren kita sudah laksanakan lomba gerak jalan 5 dan 10 km kategori Pelajar SD, SMA/SMK/Dewasa putri dan SKPD Lingkup Pemprov Kalsel,” katanya.

Pada kegiatan ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp200 juta. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai