Festival Antasari, Jadikan Teknologi Alat Meraih Kemajuan Demi Banua

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar bersama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kalsel, Wahyu Pratomo dengan resmi memulai Festival Antasari di Duta Mall Banjarmasin, Minggu (13/8/2023) malam.

“Melalui Festival Antasari ini, mari kita berkolaborasi, berinovasi, dan berbagi pengetahuan, untuk bersama-sama menjadikan teknologi sebagai alat untuk meraih kemajuan demi Banua yang lebih baik,” sebut Roy Rizali Anwar.

Disisi lain, nama kegiatan ini diambil dari nama salah satu pahlawan dari pulau Kalimantan yakni Pangeran Antasari, digunakan sebagai inspirasi dari perjuangan Pangeran Antasari, seorang tokoh pejuang dari tanah Banjar yang berjuang untuk kebebasan dan keadilan.

“Marilah kita lanjutkan semangat beliau dengan semangat inovasi dan kepedulian terhadap lingkungan, mari kita jadikan Festival Antasari 2023 sebagai tonggak penting dalam perjalanan kita menuju perubahan yang lebih baik,” lanjut Roy Rizali Anwar.

Sementara itu, Kepala KPw BI Kalsel, Wahyu Pratomo terus mendorong pengembangan ekosistem dan keuangan digital, pesan itu mengemuka dari pembukaan (kick-off) Festival Akselerasi dan Transformasi Ekonomi Digital Terkini (Festival Antasari) 2023.

Wahyu Pratomo mengatakan, perkembangan teknologi digital tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, lebih lanjut tren digitalisasi turut mempengaruhi sendi-sendi perekonomian, mengubah pola transaksi masyarakat, dan tatanan bisnis konvensional.

“Pola konsumsi masyarakat pun bergeser dalam bertransaksi menggunakan platform digital dengan berbagai fasilitas layanan sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal,” tutur Wahyu.

Wahyu juga berharap, Festival Antasari dapat mewujudkan ekonomi keuangan Kalsel yang inklusif serta meningkatkan integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional, termasuk dengan meningkatkan volume dan nominal transaksi QRIS.

“Secara nasional, Kalsel memiliki target volume transaksi QRIS di angka ±6,9 juta transaksi di tahun 2023, selain itu, Kalsel juga memiliki target pengguna/user QRIS baru sebesar ±290 ribu,” ungkap Wahyu. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai