Meriahkan Temu Karya Regional Kalimantan, Pemprov Kalsel Selenggarakan Festival Nusantara Pawai Budaya

Ratusan warga turut memeriahkan pawai budaya yang digelar dalam rangka memeriahkan Temu Karya Taman Budaya Regional Kalimantan, dari tanggal 4 hingga 6 Agustus di halaman Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan dengan tema “Barakatan Harmoni Ragam Budaya di tanah borneo”.

“Kegiatan ini menjadi salah satu dari rangkaian memeriahkan dengan kita sebagai tuan rumahnya,” ucap Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti, di Banjarmasin, Sabtu (5/8/2023).

Ia menerangkan pada pawai budaya ini tidak hanya diikuti oleh kontingen dari provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat, tetapi juga diikuti komunitas seni kabupaten/kota serta perwakilan peserta didik SMA/SMK sederajat.

Pihaknya pun berharap festival nusantara pawai budaya bisa menjadi salah satu momentum untuk mengenalkan kesenian yang dimiliki Indonesia tercinta.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi dan Dokumentasi UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Nitta Aulia mengungkapkan ada 300 peserta dari 14 grup yang ikut berpartisipasi dalam pawai budaya.

“Para peserta melakukan pawai mulai lapangan sepak bola kayutangi hingga depan panggung bakhtiar sanderta. Nantinya pawai akan dinilai oleh 3 juri lokal yaitu Mukhlis Maman, Rudi Karno dan Rudi Nugraha dengan poin penilaian yakni kostum, penampilan serta kreatifitas,” tuturnya.

Lebih lanjut salah satu juri Festival Nusantara Pawai Budaya, Mukhlis Maman menjelaskan seluruh peserta pawai sudah menampilkan yang terbaik, akan tetapi perlu adanya evaluasi, agar apabila kegiatan dilaksanakan lagi bisa terus meningkat penampilan para peserta.

“Kami selaku para juri berharap pawai budaya seperti ini bisa menjadi agenda rutin, agar para seniman bisa terus berkreasi dan menampilkan yang terbaik,” pungkasnya.

Pemenang festival nusantara pawai budaya yaitu Sanggar Seni Ayu Putri dan Penampil terbaik antar kontingen yaitu Provinsi Kalimantan Tengah. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai