Jambore Pokdarwis se-Kalsel, Garda Terdepan Majukan Pariwisata dan Geopark Meratus

Foto bersama pada Jambore Pokdarwis se-Kalsel. MC Kalsel/Jml

Jambore ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel dalam melakukan pembinaan dan peningkatan wawasan SDM Pokdarwis di Kalsel khususnya terkait dengan kepariwisataan dan Geopark Meratus.

Jambore Pokdarwis yang mengusung tema “Menuju Desa Wisata Berbasis Geopark, Unggul, Aman, Sejahtera (Dewi Bungas)” ini dibuka oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang diwakili Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel, Raudatul Jannah. Dalam kesempatannya, Raudatul mengapresiasi atas diselenggarakannya Jambore ini.

Menurutnya, Pokdarwis memiliki peran penting terhadap kemajuan sektor pariwisata Banua. Apalagi jika Pokdarwis mampu mengelola destinasi wisata dengan baik, maka bisa menjadi potensi besar untuk mendatangkan pendapatan bagi penduduk lokal.

“Dan tentu saja ini juga bisa menjadi salah satu penyumbang bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kalsel. Untuk itu, pengelola Pokdarwis harus terus berkreasi dan berinovasi agar kunjungan wisatawan terus meningkat,” tuturnya, Rabu (2/8/2023).

Raudatul juga mengimbau agar Pokdarwis bisa membangun lingkungan destinasi wisata berbasis Sapta Pesona yang berorientasi pada kebersihan dan keamanan destinasi wisata yang dikelola.

“Karena kunjungan banyak, kemudian kebersihannya jadi terabaikan, jangan sampai terjadi seperti ini, karena hal tersebut dapat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan ke depannya,” katanya.

Pada kesempatan ini juga, Raudatul turut meminta dukungan Pokdarwis Kalsel untuk bersama-sama mendorong peningkatan status Geopark Meratus menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) Meratus.

Pokdarwis sebagai mitra Pemerintah Provinsi Kalsel dibawah naungan Dispar Kalsel, juga diharapkan bisa membantu pemerintah dalam mensosialisasikan manfaat status UGG Meratus kepada masyarakat disekitar destinasi wisata.

“Saya memohon keterlibatan aktif Pokdarwis sebagai mitra pemerintah untuk menyosialisasikan manfaat atau status UGG Meratus terutama untuk pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan penduduk sekitar,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dispar Kalsel, Muhammad Syarifuddin menuturkan, bahwa Pokdarwis memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong keberhasilan Geopark Meratus agar diakui sebagai UGG.

Menurutnya, Pokdarwis merupakan garda terdepan dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat yang ada di sekitar geosite Geopark Meratus.

“Peran Pokdarwis sangat penting sekali, karena mereka merupakan garda terdepan mitra pemerintah dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat disekitar geosite,” jelasnya.

Lebih jauh, Syarifuddin juga setuju dengan imbauan Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel terkait dengan Pokdarwis yang harus terus berinovasi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Kami sangat sependapat dengan Ibu Raudatul Jannah, jadi Pokdarwis harus bisa mengangkat potensi-potensi wisata yang mereka kelola, sehingga memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat,” tukasnya. MC Kalsel/Jml/YIN

Mungkin Anda Menyukai