Pemprov Kalsel Gencar Kenalkan Pangan Lokal Melalui Program Gerakan Sadar Pangan B2SA Goes To School

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel terus gencar mengenalkan pangan lokal sejak dini melalui program Gerakan Sadar Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Goes to School.

“Program B2SA sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan konsumsi pangan yang bergizi khususnya di kalangan anak-anak,” Kata Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Syamsir Rahman usai kegiatan edukasi pangan B2SA Goes to School di SDN 5 Sungai Besar di Banjarbaru, Jumat, (28/7/2023).

Syamsir mengatakan, anak-anak harus sedini mungkin dikenalkan dengan pangan lokal yang bergizi dan seimbang. Sebab saat ini, ada kecenderungan anak-anak lebih senang mengonsumsi makanan cepat saji.

“Anak-anak saat ini, khususnya yang tinggal di Banjarbsru, kita perhatikan lebih suka konsumsi makanan cepat saji. Perlu kita tanamkan jangan terus-terus mengonsumsi makanan seperti itu,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya turun langsung ke lapangan dan bisa merasakan bahwa anak-anak butuh perhatian dari semua, tidak terkecuali Pemerintah Daerah.

“Kalau orang tua mungkin biasa makan-makanan seperti itu, tapi anak-anak harus kita berikan makanan yang bergizi. Untuk itu kita turun kesekolah-sekolah dan ini sudah program kesekian kali,” ungkapnya.

Ia menuturkan, kegiatan B2SA ini juga dalam rangka untuk menurunkan angka stunting seperti yang diinginkan oleh Gubernur Kalsel dan Ketua TP PKK Kalsel.

“Jadi Gubernur Kalsel dan Ketua TP PKK Kalsel meminta dalam program pertanian dan ketahanan pangan ada memberikan makanan sehat,” katanya.

Ia mengaku, ketika turun langsung ke lapangan banyak melihat anak-anak sekolah yang memiliki kemampuan lebih baik, namun ada pula yang lambat dalam menerima pelajaran.

“Sesuai arahan Gubernur Ksel untuk turun kelapangan, lihat kondisi masyarakat dan lihat kondisi anak-anak. Nanti tanggal 4 kita akan Turdes (Turun Desa) bersama Gubernur Kalsel di masing-masing sekolah,” pungkasnya.

Kegiatan program Gerakan Sadar Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Goes to School dilaksanakan di 3 sekolah yang ada di kota Banjarbaru yaitu SDN Komet 1, SDN Komet 2, SDN 1 Syamsudin Noor. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai