Kendalikan Inflasi dan Turunkan Stunting, Gubernur Kalsel Akan Turdes Selama 6 Hari

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun. Dok

Sesuai dengan arahan Gubernur Kalimantan Selatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali melaksanakan turun ke desa (turdes) guna penurunan stunting, pengendalian inflasi serta pemenuhan dokumen kependudukan di Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 3 hingga 8 Agustus 2023 dengan mengangkat tema “Bergerak Lintas Beribu Sungai Banua”.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun selaku Dinas Koordinator pada turdes kali ini mengungkapkan, pihaknya akan mendatangi sekolah – sekolah yang ada di kabupaten/kota, dalam menurunkan angka stunting sekaligus pemenuhan dokumen kependudukan dan penanaman pohon.

“Ada 13 sekolah yang akan kita kunjungi yaitu SMAN Tabunganen, SMAN 1 Tapin, SMAN 1 Angkinang, SMAN 1 Amuntai, SMAN 1 Tanjung, SMKN Batu Mandi, SMKN 1 Barabai, SMAN 1 Simpang Empat, SMAN 1 Pulah Laut Tengah, SMKN 2 Kotabaru, SMKN 1 Kotabaru, SMKN 1 Kintap dan SMAN 2 Martapura,” ucapnya, Banjarbaru (28/7/2023).

Lebih lanjut dijelaskan, akan ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan seperti pemberian tablet vitamin, makanan tambahan, bibit tanaman dan perekaman/penyerahan E-KTP untuk para siswa SMA/SMK serta pembagian paket sembako.

Sementara itu, Kepala Seksi PTK SMK, Misyawaliadi Noor menambahkan pada saat di sekolah, pihaknya akan mendata para siswa yang sudah berumur antara 16 hingga 17 tahun untuk dibuatkan E-KTP.

“Sekaligus kami juga menyasar para siswa untuk diberikan edukasi terhadap asupan gizi supaya mereka ketika menikah, keturunannya terhindar dari stunting,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga membagikan sembako kepada masyarakat yang akan dikunjungi pada saat turun ke desa dalam upaya penurunan inflasi.

“Karena kami masih perdana sebagai koordinator Turun ke Desa, maka kami meminta dukungan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menyukseskan turdes,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai