Bandara Syamsudin Noor Menggelar Simulasi Fire Building

BANJARBARU – Demi meningkatkan kualitas SDM dan performance petugas Bandara Syamsudin Noor dalam penanggulangan keadaan darurat, Bandara Syamsudin Noor menggelar Simulasi Fire Building pada Rabu, 26 September 2018.

Simulasi Fire Building atau biasa disebut Hot Drill sendiri merupakan rangkaian kegiatan dari Airport Emergency Committee (AEC).

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Airport Emergency Committee (AEC) meeting pada pukul 09.00 wita yang dibuka oleh General Manager Bandara Syamsudin Noor Indah Preastuty. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi koordinasi, komunikasi, dan komando dari anggota Airport Emergency Committee di wilayah Bandara Syamsudin Noor”. Ungkap Indah Preastuty.

Adapun yang terlibat dalam Airport Emergency Committee diantaranya TNI AU Sjamsudin Noor, Polres Banjarbaru, Denzipur 8/GM, DVI Biddokkes Polda Kalsel, Dishub Kota Banjarbaru, Polsek Banjarbaru Barat, SAR Banjarmasin, mitra kerja dan mitra usaha yang ada di lingkungan sekitar Bandara Syamsudin Noor – Banjarmasin.

Pada pukul 20.00 wita masih terdapat aktifitas dibeberapa ruangan gedung perkantoran administrasi Bandara Syamsudin Noor. Di salah satu ruangan kantor masih ada beberapa karyawan yang sibuk menyelesaikan beberapa pekerjaan, tanpa ada yang menyadari tiba-tiba terjadi kebakaran akibat konsleting listrik pada ruangan tersebut sehingga memicu timbulnya api. Dikarenakan di dalam ruangan banyak barang-barang yang mudah terbakar, sehingga api semakin membesar. Salah satu karyawan berlari menuju pos avsec perkantoran untuk melaporkan kebakaran tersebut dibantu dengan cahaya lampu dari lampu emergency. Karyawan yang lain mencoba memadamkan api menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) tetapi belum maksimal dalam pemadaman api.

Akibat insiden ini menimbulkan korban sebanyak 5 orang. Petugas Pemadam kebakaran seketika langsung bergerak ke tempat kejadian perkara begitu crash bell dibunyikan, Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) serta personil bantuan korban kecelakaan dari Upt Damkar Banjarbaru dan Karantina Kesehatan Pelabuhan menangani keadaan darurat tersebut, pemadaman total dan evakuasi korban selesai.

Cerita diatas merupakan rangkaian simulasi Fire Building (Hot Drill) yang dilaksanakan di gedung administrasi Bandara Syamsudin Noor. Personil yang diturunkan pada simulasi tersebut diantaranya Airport Rescue & Fire Fighting, Aviation Security, Airport Safety, UPT Damkar Banjarbaru, Karantina Kesehatan Pelabuhan beserta beberapa karyawan dari bidang administrasi.

“Seluruh rangkaian kegiatan simulasi Fire Building berjalan dengan baik. Semua scenario yang telah disusun oleh panitia berjalan dengan baik. Diharapkan semua personil yang terlibat dapat lebih paham bagaimana menanggulangi ketika keadaan darurat terjadi di Bandara.” Terang Indah Preastuty. Humas BDJ / Mc Kalsel

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan