Semarakkan Hari Keluarga Nasional, Pemprov Kalsel Partisipasi Kegiatan Pelayanan KB Perbatasan Kalselteng

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan turut berpartisipasi pada kegiatan Pelayanan KB Perbatasan Kalimantan Selatan – Kalimantan Tengah di Kantor Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala. MC Kalsel/tgh

Seiring dengan tema Hari Keluarga Nasional tahun 2023 yaitu “Menuju Keluarga Bebas Stunting Untuk Indonesia Maju”, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan turut berpartisipasi pada kegiatan Pelayanan KB Perbatasan Kalimantan Selatan – Kalimantan Tengah di Kantor Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala.

“Jadi kami dan jajaran Dinas berserta petugas puskesmas ikut berpartisipasi dalam memberikan pelayanan KB bagi masyarakat,” kata Kadinkes Kalsel, Diauddin melalui Kepala Seksi Kesga dan Gizi, Yuliani, Rabu (26/7/2023).

Yuliani mengatakan, kegiatan pelayanan KB ini merupakan sinergitas antara BKKBN Kalsel bersama Dinas Kesehatan Kalsel dan Barito kuala. Dimana pelayanan yang diberikan meliputi pelayanan KB, pemeriksaan ibu hamil (USG), edukasi cegah stunting, pembagian bantuan PMT lokal melalui dana Dak Non Fisik yang langsung ke Dana BOk puskesmas.

Selain pelayanan ada kegiatan dapur sehat atasi stunting, peningkatan pelayanan posyandu terkait pemantauan pertumbuhan dengan penimbangan dan pengukuran panjang badan/tinggi badan setiap bulan.

Lanjut, Yuliani mengatakan terkait penurunan stunting, Pemprov Kalsel telah melakukan beberapa upaya seperti pemberian makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil, dan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri.

Kemudian melakukan monev surveilans gizi melalui aplikasi EPPGBM setiap triwulan, untuk mengetahui secara langsung hasil entry pengukuran berat badan, panjang badan, tinggi badan balita melalui pengukuran di – tingkat posyandu.

Selanjutnya, melakukan monev evaluasi kinerja kabupaten/kota, dan menindak lanjuti tahapan-tahapan aksi integrasi konvergensi yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota.

“Kemudian, meningkatkan kapasitas petugas di tingkat puskesmas dan jajarannya, untuk optimalisasi pelaksanaan surveilans gizi dan pemantapan kinerja tim percepatan penurunan stunting,” jelasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai