Pusdalops BPBD Update Penanganan Karhutla Kalsel

Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan merilis perkembangan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hingga Senin 24 Juli 2023.

“Update 24 Juli, telah mencapai 2.493 titik hotspot satelit berdasar pada data Manggala Agni, dan telah dilakukan penanganan dengan luas 718,881 hektare,” sebut Koordinator Pusdalops BPBD Kalsel, Ricky Ferdyanto.

Disampaikan pula sebaran titik api di seluruh kabupaten kota se-Kalsel, serta rincian luas lahan yang ditanggulangi, ini disampaikan juga melalui media sosial Instagram milik Pusdalops BPBD Kalsel.

“Terluas yakni di Kota Banjarbaru, ada 19 titik dengan luas lahan 272,72 hektare dan 90 penanganan, disusul Kabupaten Banjar ada 77 titik dengan luas lahan 174,83 hektare dan 62 penanganan,” lanjut Ricky.

Selanjutnya untuk titik api patroli udara ada 253 titik, selanjutnya pemadaman 188 titik, pemadaman udara menggunakan helikopter water bombing (wb) 55 titik.

Hingga saat ini, bantuan penanggulangan karhutla dari BNPB kepada BPBD Kalsel telah menghadirkan empat buah helikopter, dua untuk patroli dan dua untuk wb. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai