Pemprov Kalsel Upayakan Kualitas Pengelolaan PAUD di Desa

Workshop Fasilitasi Layanan Sosial Dasar dengan tema “Peningkatan Kualitas Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di Desa”, di Banjarmasin, Senin (24/7/2023). MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di desa melalui Workshop Fasilitasi Layanan Sosial Dasar.

“Layanan PAUD itu merupakan salah satu layanan dasar yang harus tersedia dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat yang ada di desa. Hal ini sesuai instruksi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor agar kami terus bergerak dalam memajukan desa,” kata Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah, Banjarmasin, Senin (24/7/2023). 

Diketahui, workshop ini dilaksanakan pada 24 dan 25 Juli 2023 dengan diikuti 33 peserta dari Dinas PMD Kabupaten, Kepala Desa hingga Pengelola PAUD. 

Faried menyampaikan, workshop ini penting karena pembangunan desa harus memprioritaskan kegiatan yang mendukung pemenuhan akses masyarakat desa terhadap pelayanan sosial dasar, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan anak, pemberdayaan masyarakat marginal dan anggota masyarakat desa penyandang disabilitas.

“Maka dari itu, dukungan di bidang pendidikan yang dapat diberikan oleh pemerintah desa dalam berinvestasi untuk memastikan kualitas generasi penerus, yaitu mendukung layanan PAUD yang berkualitas,” ungkap Faried.

Layanan PAUD yang berkualitas, lanjut Faried, merupakan salah satu investasi strategis pemerintah desa dalam memastikan kualitas generasi penerus desa di masa depan.

“Memang Pemerintah Desa mendukung peningkatan akses dan kualitas PAUD,” tutur Faried.

Faried pun menuturkan, layanan dasar PAUD di desa berpengaruh pada pembentukan karakter anak usia dini melalui proses pembelajaran yang terintegrasi dengan lingkungan sekitar.

“Sehingga anak-anak akan berkembang menjadi orang dewasa yang berkarakter dan berketerampilan serta mampu berkontribusi aktif dalam pembangunan masyarakat,” kata Faried. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai