PABSI Kalsel Loloskan Tiga Atlet Pada PON 2024


Atlet Angkat Besi Kalsel saat berfoto bersama dengan manajer tim Angkat Besi Kalsel, Tommy Firdaus. Dok 

Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil meloloskan tiga atlet untuk PON Tahun 2024. 

Tiga atlet tersebut berhak mendapat tiket ke multi even olahraga empat tahunan tersebut usai mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) senior yang sekaligus babak kualifikasi PON dimulai 16 sampai 24 Juli 2023 di GOR Saparua Bandung, Jawa Barat (Jabar).

“Ada tiga atlet kita yang dinyatakan lolos ke PON 2024 Aceh-Medan,” kata manajer tim Angkat Besi Kalsel, Tommy Firdaus Senin (24/7/2023).

Adapun ketiga atlet angkat besi Kalsel yaitu, Riska Nur Amanda, Rusdiana, dan M Guntur. Dengan demikian target terlampaui yang sebelumnya hanya melolos satu lifter saat PON XX 2021 di Papua.

Oleh karena itu, dari perhelatan Pra PON Kali ini, sambungnya, satu medali perunggu berhasil dibawa pulang yang dipersembahkan Riska Nur Amanda (45 kg). Sedangkan Rusdian dan M Guntur (102 kg) dengan total angkatan 288 kg dan Rusdiana (81 kg) dengan total angkatan 157 kg menempati peringkat empat. 

“Bagi atlet yang menempati peringkat satu sampai enam, berhak lolos PON XXI 2024 Aceh-Medan,” ungkapnya.

Sekarang, ditambahkannya, fokus melakukan persiapan bagi atlet yang lolos PON. 

“Kita masih bisa memaksimalkan persiapan para lifter dengan waktu yang ada hingga PON XXI 2024 nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Kadispora Kalsel, Hermansyah meapresiasi atas raihan atlet angkat besi kalsel yang berhasil lolos PON tahun 2024. 

“Alhamdulillah kita berhasil meloloskan tiga atlet sekaligus untuk PON tahun 2024. Ini cukup membanggakan karena olahraga angkat besi dapat meningkat prestasinya. Bahkan atlet angkat besi Kalsel mampu menorehkan medali pada Kejurnas,” kata Hermansyah. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai