BPSDMD Provinsi Kalsel Terus Menyelenggarakan Diklat bagi ASN Pemprov Kalsel

Kantor BPSDMD Provinsi Kalsel. MC Kalsel/scw

Sebagai wadah pengembangan kompetensi terakreditasi LAN, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menyelenggarakan serangkaian program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Kalsel.

Kepala BPSDMD Provinsi Kalsel, Mujiyat diwakili Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional, Ahmad Bagiawan mengatakan, hingga Juli BPSDMD telah menyelesaikan sembilan angkatan pelatihan manejerial, dan empat angkatan dengan menggunakan dana APBD Kalsel.

“Kita telah melaksanakan diklat PKA dua angkatan dan PKP 2,” kata Bagiawan, Banjarbaru, Senin (17/7/2023).

Namun, disampaikan Bagiawan untuk pelaksanaan diklat PKN 2023 batal dikarenakan ada perubahan PNBP tarif baru dari LAN. Sehingga pelaksanaan diundur hingga 2024 mendatang.

Sementara itu, BPSDMD Provinsi Kalsel juga telah melakukan pendidikan pelatihan dengan pola fasilitasi seperti mengirim pelatih dan lainnya.

“Seperti pelatihan di Tanah laut yang telah diselenggarakan PKA satu angkatan dan PKP satu angkatan serta pola fasilitasi juga tengah berjalan di Kabupaten Banjar,” ujar Bagiawan.

Kemudian, untuk orientasi PPPK pola fasilitasi juga telah dilaksanakan, diantaranya Kabupaten Tanah Laut dengan sembilan angkatan sebanyak 360 orang dan Kota Banjarmasin 24 angkatan sebanyak 960 orang.

“Masih tersisa dua angkatan PPPK yang belum melaksanakan orientasi yang ditargetkan akhir Juli selesai, sama halnya pelaksanaan orientasi PPPK untuk Pemprov Kalsel yang segera dilaksanakan di 2023,” jelas Bagiawan.

Selanjutnya, Bagiawan menyebutkan pelatihan fungsional seperti kearsipan, diklat teknis seperti pelatihan keprotokolan, lakib, dan pranata komputer ini tidak lain untuk kompetensi SKPD dengan aturan-aturan baru sehingga harus disesuaikan kembali.

“Kalau fungsional tidak hanya pegawai provinsi tapi kabupaten/kota juga terlibat,” ucap Bagiawan.

Untuk diketahui, pelatihan kearsipan akan dilaksanakan pada Agustus mendatang dan pelatihan Pranata Komputer pada Oktober mendatang. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai