Pemprov Kalsel Sediakan Peralatan Penanggulangan Bencana Pada Kemah Bela Negara

BPBD Kalsel menyediakan alat penanggulangan bencana pada Kemah Bela Negara Tahun 2023. Dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan ikut berpartisipasi dalam Kemah Belah Negara (KBN) Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Kiram Park Kabupaten Banjar sejak Senin, tanggal 10 Juli 2023.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalsel, R Suria Fadliansyah melalui Kepala Sub Bidang Kesiapsiagaan, Ariansyah menyampaikan jika partisipasi pada KBN dengan menghadirkan peralatan atau inventaris BPBD yang digunakan dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana di Kalsel.

“Kami menurunkan mobil komunikasi satelit yang difungsikan sebagai mobil komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) dalam rangka sosialisasi dan penyampaian informasi kebencanaan dalam kegiatan,” ujar Ariansyah, Selasa (11/7/2023).

Menurutnya ini dilakukan dengan memperkenalkan tentang kanal edukasi dan peringatan dini bencana atau yang disebut dengan ingat Si Anang, salah satu inovasi yang dibuat oleh BPBD Prov Kalsel sebagai upaya untuk menyiapkan atau membuat suatu kanal yang nantinya akan memberikan informasi peringatan dini.

Pada inovasi tersebut diintegrasikan dengan beberapa informasi yang bersumber dari BMKG, baik informasi lain terkait dengan upaya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Di dalam kanal tersebut juga disediakan konten-konten informatif dan edukasi terkait kebencanaan agar masyarakat bisa mengakses keadaan cuaca, radar cuaca, serta haluan sistem atau early warning system (ews) yang telah terpasang di beberapa titik.

Kemudian nantinya ada juga konten-konten edukasi melalui medsos, ini juga terkoneksi di sana termasuk pula bahan-bahan ajar terkait dengan sistem peringatan dini.

“Hal ini merupakan suatu komitmen yang disampaikan oleh pimpinan kami, Kalaksa BPBD Prov Kalsel sebagai bentuk upaya pencegahan dan kesiapsiagaan yang terus diutamakan dalam rangka mendukung misi provinsi yaitu menjaga kualitas lingkungan hidup dan meningkatkan ketahanan bencana,” lanjut Ariansyah.

Sehingga KBN yang diselenggarakan di Kalsel ini, yang menghadirkan ribuan Penggalang Pramuka dari berbagai daerah menjadi momentum untuk mengedukasi terhadap penanggulangan bencana sebagai aksi kemanusiaan.

Pada kesempatan ini, BPBD Kalsel juga memperkenalkan terkait permainan siaga bencana yang merupakan suatu inovasi untuk menyampaikan edukasi kebencanaan melalui hal-hal yang kreatif dan ringan kepada anak-anak pramuka yang mengikuti kegiatan KBN. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai