Berikan Pelayanan, Perpustakaan Keliling Pemprov Kalsel Kunjungi Rutan Marabahan dan Lapas Teluk Dalam

Mobil perpustakaan keliling Dispersip Kalsel.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel kembali menurunkan tim perpustakaan kelilingnya mengunjungi beberapa lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan, sesuai dengan agenda yang telah dijadwalkan, tim perpustakaan keliling Dispersip Kalsel menyasar Rutan Marabahan dan Lapas Teluk Dalam Banjarmasin.

“Pelayanan perpustakaan adalah hak semua warga negara tanpa membedakan status sosial,” katanya melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Rabu (5/7/2023).

Nurliani menjelaskan, pada kesempatan tersebut pihaknya menurunkan 8 unit mobil perpustakaan keliling dan 24 petugas, yang menyebar ke lapas maupun rutan di lima kabupaten/kota.

“Seperti yang kita ketahui bersama, perpustakaan adalah sarana pembelajaran seumur hidup bagi masyarakat maupun warga binaan lapas,” cetusnya.

Ia menyebutkan, kunjungan perpustakaan keliling tersebut dilaksanakan setiap hari, bahkan juga selama libur panjang sekolah.

“Bahkan, momen libur sekolah merupakan waktu yang efektif berkunjung setiap hari ke lapas dan rutan, khususnya bagi anak-anak yang memiliki kondisi mental menurun karena menjalani masa hukuman,” tegasnya.

Perlu diketahui, Dispersip Kalsel telah menjalin hubungan kerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Kalsel sejak 2016 lalu, sebagai langkah memenuhi hak dasar warga binaan untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan pendidikan. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai