Tangani Karhutla, Bantuan Heli Pertama Telah Datang

Bantuan Helikopter BNPB tiba di bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan menerima bantuan helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru.

Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Pormadi Dharma menyebutkan bantuan BNPB ini sebagai penanganan kebakaran hutan dan lahan via udara.

“Bantuan BNPB ini dalam rangka penanganan karhutla di Kalsel, ini mulai datang secara bertahap, yang pertama ini datang kemarin, Minggu 2 Juli 2023,” ujar Pormadi Dharma, Senin (3/7/2023).

Disebutkan kedatangan pertama ini, berupa heli type AS350B3e Reg. PK-DAM yang nantinya akan difungsikan untuk melakukan patroli udara sekaligus melakukan water bombing.

Heli pertama ini dilengkapi pengangkut air atau bucket dengan kapasitas 1.000 liter air, penugasan operasional diprioritaskan untuk penanganan di wilayah ring 1 dan ring 2 bandara Syamsudin Noor.

“Dengan keberadaan heli ini diharapkan penanganan karhutla dapat lebih cepat dan efektif, terutama utk wilayah yang tidak dapat dijangkau oleh satgas darat,” lanjutnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai