Jumbara PMR Tingkat Nasional, Gubernur Kalsel Minta Kontingen PMI Bisa Harumkan Banua

Foto bersama usai Pelepasan Kontingen PMI Kalsel pada Jumbara PMR Tingkat Nasional IX. MC Kalsel/Ar

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor melepas kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) Kalsel dalam mengikuti Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Nasional IX yang dilaksanakan pada 2 Juli hingga 10 Juli 2023 di Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

“Mudah-mudahan keikutsertaan kontingen PMI Kalsel dalam Jumbara PMR ini dapat meraih prestasi sebaik-baiknya dan bisa mengharumkan nama Banua Kalsel di tingkat Nasional,” ucap Sahbirin, di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu (1/7/2023) malam.

Disampaikan Sahbirin, Jumbara bukan sekadar lomba melainkan ajang untuk mempererat silaturrahmi, keakraban dan kekeluargaan antara para relawan muda dari PMR yang ada di seluruh Indonesia.

“Berkompetisilah dengan gigih dan berani serta tanamkan dalam diri bahwa salah satu kunci untuk meraih kemenangan adalah rasa percaya diri dalam menampilkan kemampuan,” ungkap Sahbirin.

Sahbirin mengingatkan, Jumbara PMR untuk bisa dimanfaatkan dalam mengembangkan diri, meningkatkan keterampilan dan menjalin hubungan pertemanan yang kuat dengan relawan muda.

“Jaga kekompakan dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dalam pertandingan serta tetap menjaga nama baik daerah Kalsel. Tetaplah rendah hati dan saling mendukung satu sama lain karena kemenangan sejati bukan hanya didapatkan melalui penghargaan tetapi dari pengalaman, persahabatan dan kepedulian yang tulus,” tutur Sahbirin.

Sementara itu, Ketua PMI Kalsel, Gusti Iskandar Sukma Alamsyah menyampaikan, kegiatan Jumbara PMR merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan selama lima tahun sekali dengan tujuan sebagai evaluasi pembinaan PMR di sekolah.

“Kita berterimakasih atas dukungan moril yang luar biasa dari Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan Ketua Kontingen PMI Kalsel, Sandi Fitrian Noor dalam mengikuti Jumbara PMR tersebut,” kata Iskandar.

Iskandar menyebutkan, bagi semua anggota PMR yang telah terpilih melalui jalur seleksi harus bersyukur bisa mengikuti Jumbara PMR tingkat Nasional.

“Kita yakin bisa meraih prestasi kembali karena Jumbara PMR di lima tahun yang lalu di Provinsi Sulawesi Selatan telah mendapatkan juara satu. Mohon doa restunya masyarakat Kalsel,” pungkas Iskandar.

Diketahui, pada Jumbara PMR ini Kontingen PMI Kalsel sebanyak 67 orang dan peninjau sekitar 75 orang serta yang dipertandingkan ada tiga kategori umur, yaitu PMR Mula (SD/MI), PMR Madya (SMP/MTs) dan PMR Wira (SMA/SMK/MA). Kegiatan yang akan diikuti, diantaranya berkemah, peragaan keterampilan dasar, seperti Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), ayo siaga bencana, perawatan keluarga kepemimpinan dan kesehatan reproduksi. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai