Pemprov Kalsel Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Iduladha

Kepala Disdag Provinsi Kalsel, Birhasani. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalsel terus memastikan ketersediaan stok bahan pokok agar tidak berdampak pada kenaikan harga menjelang Hari Raya Iduladha, Banjarmasin, Selasa (27/6/2023).

Kepala Disdag Provinsi Kalsel, Birhasani mengatakan, hingga hari ini kondisi harga bahan pokok pada umumnya masih stabil. Meskipun ada beberapa komoditas yang cenderung tinggi, namun itu bukan disebabkan mendekati Iduladha tapi karena biaya produksi yang tinggi.

“Contohnya seperti telur ayam dan daging ayam dipicu mahalnya harga pakan dan obat-obat untuk ternak bukan karena permintaan tinggi Iduladha,” kata Birhasani.

Birhasani mengungkapkan, jika Disdag Provinsi Kalsel terus memonitor suplai barang yang datang dari luar daerah Kalsel.

“Pendataan harga selalu dideteksi setiap hari kerja di pasar tradisional baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, sehingga akan lebih mudah mengantisipasi untuk kedepannya agar barang yang terjadi kenaikan bisa kita upayakan untuk stabilisasinya,” ujar Birhasani.

Oleh karena itu, Birhasani mengharapkan kerja sama semua OPD terkait untuk menekan biaya produksi agar tidak berdampak pada kenaikan harga. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai