Diskominfo Apresiasi Dibentuknya Konsorsium Pers Banua Jelang Pemilu 2024

Foto bersama Konsorsium Pers Banua jelang pemilu 2024.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel mengapresiasi dibentuknya Konsorsium Pers Banua yang terdiri dari organisasi perusahaan pers dan organisasi wartawan di Kalsel untuk melawan hoaks dan disinformasi jelang Pemilu serentak 2024.

Kepala Diskominfo Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan, dengan terbentuknya Konsorsium Pers Banua ini dapat membawa ketenangan di tengah masyarakat, sehingga masyarakat tidak terpolarisasi terhadap pemberitaan yang beredar.

“Semoga konsorsium ini bisa menambah literasi masyarakat terutama saat eskalasi pemilihan umum serentak 2024, kami dari Pemerintah Provinsi Kalsel sangat mendukung terbentuknya konsorsium ini,” kata Muslim, Banjarmasin, Kamis (22/6/2023).

Muslim menambahkan, Konsorsium Pers Banua memiliki peranan vital untuk mengedukasi masyarakat agar tidak mudah terpancing dan menyebarkan berita hoaks.

“Kita semua punya tanggung jawab yang sama, terutama rekan wartawan dan media yang punya fasilitas mengedukasi secara langsung ke masyarakat,” jelas Muslim.

Lebih jauh Muslim menjelaskan, pihaknya turut meminta kepada SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel untuk turut mengawal agar informasi dan komunikasi kepada masyarakat memiliki akurasi yang baik.

“Untuk itu, kita melakukan sejumlah sosialisasi dan menghimpun kelompok-kelompok tertentu seperti KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) untuk membantu mendiseminasikan informasi kepada masyarakat,” ujar Muslim. MC Kalsel/ Jml

Mungkin Anda Menyukai