UKW Ke-17, Gubernur Kalsel Mengimbau Wartawan Junjung Tinggi Nilai Kemanusiaan dan Kebenaran

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (kiri) bersama Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi (kanan). MC Kalsel/Jml

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengimbau agar wartawan Banua menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan kebenaran dalam pekerjaannya.

Hal ini disampaikan Sahbirin saat menghadiri kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-17 yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel disalah satu hotel di Banjarmasin, Selasa (20/6/2023).

Menurut Sahbirin, dua hal tersebut sangatlah penting bagi profesi wartawan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan kebenaran ini yang kita harapkan muncul pada diri wartawan di Kalsel. Semoga mereka yang mengikuti UKW ini menjadi wartawan yang profesional dan bertanggung jawab terhadap tugasnya sesuai dengan amanah kewartawanan,” ujar Sahbirin.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kalsel, Muhammad Muslim menambahkan, pihaknya mengapresiasi atas terlaksananya UKW ke-17 oleh PWI Kalsel ini guna meningkatkan kemampuan wartawan di Banua.

“Pemerintah Provinsi Kalsel sangat mendukung terhadap kegiatan seperti ini, karena ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan keprofesionalan rekan wartawan,” kata Muslim.

Muslim menjelaskan, selama ini rekan-rekan wartawan di Kalsel sangat mendukung terhadap upaya pembangunan di Kalsel melalui informasi-informasi yang disampaikannya.

“Oleh karena itu Pemerintah Provinsi Kalsel sangat terbantu dengan kemitraan dan profesionalitas rekan wartawan yang ada di Kalsel, karena selama ini mereka menyampaikan informasi itu dengan teliti, khususnya terkait kinerja dan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel,” jelas Muslim.

Ditempat yang sama Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi mengatakan, UKW ini merupakan kedua kalinya yang dilaksanakan di 2023, dimana pada pelaksanaan dibagi 3 kategori jenjang yaitu, Tingkat Muda dengan diikuti 12 wartawan, Tingkat Madya 5 wartawan, dan Tingkat Utama sebanyak 6 wartawan.

Helmi sendiri mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalsel dan BUMN terkait yang telah mendukung penuh terlaksana UKW ke-17 ini.

“UKW ini merupakan agenda rutin kita, dan kita sangat menyambut baik sekali atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel dan PT. PLN (Persero),” tukas Helmi. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai