Pulihkan Lingkungan, Disdag Kalsel Tanam 350 Bibit Buah Endemik Kalsel

Jajaran Disdag Kalsel menanam pohon pada penanaman serentak satu juta pohon se-Kalsel, Banjarbaru, Jumat (9/4/2021). MC Kalsel/scw

Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan menanam 350 bibit buah endemik Kalsel, yang disebar di sejumlah lokasi seperti UPT Balai Pengujian Sertifikasi Mutu Barang (BPSMD) hingga pekarangan rumah pekerja.

Penanaman dilakukan dalam rangka perbaikan lingkungan dan keberlanjutan revolusi hijau yang digagas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel.

“Penanaman ini dalam upaya pemulihan lingkungan yang sudah rusak, mungkin ada beberapa yang sudah gundul tentunya harus diganti dengan tanaman baru,” kata Kepala Disdag Kalsel, Birhasani, Banjarbaru, Jumat (9/4/2021).

Penanaman, lanjut Birhasani, juga dilakukan untuk mengurangi risiko banjir dan menghasilkan udara yang lebih baik.

“Ini juga mengurangi risiko banjir, tentunya untuk menciptakan udara yang segar maka diperlukan penghijauan yang intensif guna keseimbangan lingkungan,” kata Birhasani.

Karena lahan di Disdag Kalsel tidak mencukupi untuk menanam pohon besar, maka penanaman dilakukan di sejumlah lahan terpisah.

“Hari ini kita menanam di lahan (pribadi) seluas 6000 meter persegi yang bisa ditanam 350 bibit, karena ada tanaman terdahulu maka hanya sebagian yang masih kosong. Jadi, ada sekitar 100 bibit ditanam di lahan kosong ini,” kata Birhasani.

Tanaman yang ditanam seperti ramania (gandaria), mundar, kasturi, mangga, limau (jeruk) kuit, nangka, belimbing, petai, dan durian .

“Penanaman kali ini dipersilakan untuk para staf menanam di lahan pribadi misalkan ada kebun dan lahan kosong,” ucap Birhasani. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih