Peringatan HLUN ke-27, Gubernur Kalsel : Hargai Peranan Lansia dalam Keluarga dan Masyarakat

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (kiri) menyerahkan bantuan kursi roda bagi lansia. MC Kalsel/Rns

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27 di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PPRSLU) Budi Sejahtera.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berharap semoga para lanjut usia (lansia) dapat menikmati hari tuanya dengan penuh rasa syukur, kebahagiaan dan keceriaan dalam melanjutkan perjalanan hidup.

“Hari lanjut usia selalu kita peringati setiap tahun dan mendapat perhatian secara khusus, karena bangsa kita adalah bangsa yang sangat menghargai terhadap orang tua. Bangsa Indonesia selalu menekankan dan mengutamakan ikatan kekeluargaan berlandaskan pada nilai-nilai luhur keagamaan dan budaya, yang menghargai peran serta kedudukan lansia dalam keluarga maupun masyarakat,” kata Sahbirin, Banjarbaru, Senin (12/6/2023).

Dikatakan Sahbirin, masyarakat usia lanjut merupakan kelompok yang perlu diperhatikan dan harus memperoleh jaminan dalam pemeliharaan kesehatan dan kesejahteraan.

“Upaya peningkatan kesejahteraan lansia bertujuan untuk memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif, terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan usia lanjut, terpeliharanya sistem nilai budaya dan kekerabatan, serta mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Sahbirin.

Untuk itu diharapkannya, semua pihak baik instansi pemerintah maupun non pemerintah, dan seluruh masyarakat, agar memberikan perlindungan terhadap lanjut usia untuk mendapatkan hak-haknya, seperti hak kemandirian, hak berpartisipasi, hak perawatan dan hak harga diri.

“Mari kita sejahterakan dan kita layani lanjut usia dengan sebaik-baiknya, karena ini perbuatan yang mulia. Rawatlah lansia dimanapun mereka berada, dengan perawatan yang sebaik mungkin, baik bagi lansia yang tinggal di lingkungan panti, maupun lansia di lingkungan keluarga kita masing-masing,” ujar Sahbirin.

Rangkaian HLUN ke-27 kali ini diikuti sebanyak 75 orang, terdiri atas Lansia dari PPRSLU Budi Sejahtera dan Yayasan Murni Karya Sejahtera, Banjarbaru. Diawali dengan senam sehat dan ceria bersama lansia, dilanjutkan acara peresmian cafe “HIMUNG” PPRSLU Budi Sejahtera.

Dalam kegiatan tersebut turut diserahkan bantuan sosial dan penghargaan secara simbolis dari Gubernur Kalsel, berupa alat bantu aksesibilitas untuk lanjut usia, yaitu 10 kursi roda, 16 walker dan 25 tripod, Kunci Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS RTLH) kepada lansia di Desa Tambang Awang, Kecamatan Tatah Makmur, Kabupaten Banjar, Piagam penghargaan kepada tiga Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dari Kabupaten HSS, HSU dan Tanah Laut yang berdedikasi dalam pemenuhan hak lansia di daerah, hadiah juara lomba fashion show, pantun, menyanyi dan joget untuk lansia dalam panti PPRSLU Budi Sejahtera, dan juga souvenir berupa mukena dan sarung untuk kai nini. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai