Pemprov Kalsel Berkolaborasi dengan Lembaga Forum RT dan Lurah Kelayan Adakan Sunatan Massal

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kesehatan Kalsel berkolaborasi dengan Lembaga Forum RT dan Lurah Kelayan Luar Banjarmasin mengadakan Bakti sosial Sunatan (khitan) Massal di Mushola Darul Falihin (Pasar Pisang) Kota Banjarmasin, Sabtu (10/6/2023). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kesehatan Kalsel berkolaborasi dengan Lembaga Forum RT dan Lurah Kelayan Luar Banjarmasin mengadakan Bakti sosial Sunatan (khitan) Masaal di Mushola Darul Falihin (Pasar Pisang) Kota Banjarmasin.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Budi Wahyudi, mengatakan pelaksanaan sunatan massal ini bertujuan untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat khususnya di kelurahan Kelayan Luar.

“Jadi kita adakah bakti sosial sunatan massal untuk membantu masyarakat,” ujar Wahyudi, Sabtu (10/6/2023).

Menurutnya, bakti sosial tersebut merupakan kegiatan rutin oleh Dinas Kesehatan Kalsel, dalam mendukung masyarakat yang membutuhkan atau kurang mampu.

“Selain karena tuntutan agama, ini juga merupakan upaya kita dalam menjaga kesehatan. Oleh karena itu, diharapkan mereka yang dikhitan hari ini mendapat berkah dan sehatnya,” ungkapnya.

Lalu, dijelaskan, jika dilihat segi kesehatan, banyak manfaat dari sunatan seperti membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus dan bau tak sedap. Dengan kata lain, bagi laki-laki, sunat berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.

“Jadi, kepada anak-anakku, buang rasa takut untuk dikhitan. Inilah saatnya buat kalian untuk lebih percaya diri. Karena sudah disunat, kalian harus bangga, itu artinya bahwa kalian tambah dewasa, bukan anak kecil lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum RT dan Lurah Kelayan Luar Banjarmasin, Zainal Arifin menambahkan kegiatan sunatan massal ini yang mendaftar sebayak 110 orang peserta dari target yang ditetapkan 100 orang.

“Alhamdulillah antusias masyarakat kelurahan kelayan luar sangat luar biasa, bahkan pesertanya sampai dari luar kelurahan kelayan,” kata Zainal.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Kalsel dan Dinas Kesehatan Kalsel yang telah mendukung kegiatan tersebut. Kegiatan ini sangat membantu masyarakat kalangan ke bawah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kalsel atas bantuannya. Kegiatan sunatan massal ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya di kelurahan kelayan luar,” katanya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai