Gelar Bimtek, Pemprov Kalsel Tingkatkan Layanan Akses Air Limbah

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel mengadakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Air Limbah Domestik di Banjarmasin, Selasa (6/6/2023). MC Kalsel/tgh

Guna meningkatkan layanan akses air limbah domestik di Kalimantan Selatan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel mengadakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Air Limbah Domestik di Banjarmasin.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pengelolaan air limbah domestik khususnya keberadaan layanan, dan juga memberikan dukungan atau penguatan terhadap lembaga pengelolaa, untuk meningkatkan kinerja layanan air limbah domestik.

Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Cipta Karya Ryan Tirta Nugraha mengatakan, pemerintah melalui RPJMN 2020-2024 telah menetapkan target sebesar 90% akses sanitasi layak (air limbah domestik, termasuk 15% akses aman), 0% rumah tangga yang mempraktikkan buang air besar sembarangan (BABS) di tempat terbuka.

“Target pembangunan tersebut juga ditetapkan dalam rangka menuju pencapaian target tujuan pembangunan berkelanjutan. Untuk menindaklanjuti RPJMN 2020-2024, Pemprov Kalsel telah membentuk kebijakan dan strategi sistem pengelolaan air limbah domestik (SPALD) pada tahun 2022,” kata Ryan, Selasa (6/6/2023).

Menurutnya, Peraturan Gubernur nomor 25 tahun 2022 tentang kebijakan dan strategi sistem pengelolaan air limbah domestik Provinsi Kalsel, merupakan inisiasi dan gagasan bagaimana pemerintah Provinsi Kalsel dapat berperan aktif, dalam menindaklanjuti kebijakan dan strategi nasional yang berkaitan dengan sistem pengelolaan air limbah domestik.

“Salah satu persoalan yang masih dihadapi dalam pengelolaan air limbah domestik di Kalsel, belum optimalnya fungsi IPLT sebagai pengolahan akhir air limbah domestik yang belum dipahaminya, tentang IPLT oleh lembaga pengelola, baik teknis maupun non teknis secara optimal,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Maknawarah menambahkan tujuan kegiatan ini agar memberikan pemahaman keberadaan kebijakan dan strategi SPALD Provinsi Kalsel, sebagai sebuah komitmen Pemda untuk membangun kolaborasi dan kesamaan Visi.

Kegiatan ini dihadiri Dinas PUPR Kabupaten/Kota se Kalsel, Bappeda Kalsel. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai