Cegah Perkawinan dan Kekerasan pada Anak, Pemprov Kalsel Sosialisasikan Layanan PUSPAGA di Mall

Foto bersama pada Sosialisasi Layanan PUSPAGA di salah satu mall. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Provinsi Kalsel melaksanakan Sosialisasi Layanan PUSPAGA, Kampanye Pencegahan Perkawinan Anak dan Stop Kekerasan Pada anak.

Kegiatan ini dalam rangka penurunan angka perkawinan dan kekerasan pada anak di Kalsel. Dalam menyukseskan kegiatan tersebut, dilakukan sosialisasi di salah satu mall di Kota Banjarmasin.

“Kita menilai jika mall merupakan tempat berkumpulnya keluarga dan masyarakat luas, sehingga sangat tepat untuk dilakukannya penjangkauan keluarga,” kata Kepala DPPPAKB Kalsel, Adi Santoso, Banjarbaru, Sabtu (3/6/2022).

Adi mengatakan, kegiatan PUSPAGA dapat dilakukan dengan jemput bola. Sehingga dapat melayani konsultasi dan memfasilitasi permasalahan keluarga seperti pencegahan kekerasan pada anak, edukasi perkawinan anak, dan kekerasan dalam rumah tangga.

Selain itu, hingga Mei 2023 DPPPAKB telah menangani laporan kasus tindak kekerasan sebanyak 118 kasus atau 129 jiwa, diantaranya 30 korban laki-laki dan 99 korban perempuan.

“Kita secara aktif melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat serta melakukan penguatan koordinasi kepada stakeholder terkait, dan Unit Pelaksana Urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kabupaten/kota se-Kalsel,” ujar Adi. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai