Hadiri Halal Bihalal KBB, Gubernur Kalsel : Orang Banjar Ada Di Seluruh Penjuru Dunia

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (kiri) saat menghadiri Halal Bihalal Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jabodetabek Tahun 2023M/1444H di Gedung Serba Guna Senayan Jakarta, Sabtu (3/6/2023). MC Kalsel/Fuz

Gubernur Kalimantan Selatan menyebutkan di seluruh penjuru dunia terdapat warga Banjar, hal ini diungkapkan saat memberikan sambutan pada Halal Bihalal Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jabodetabek Tahun 2023M/1444H di Gedung Serba Guna Senayan Jakarta.

“Di mana-mana saya bertemu dengan orang Banjar, pokoknya orang Banjar ada di seluruh penjuru dunia,” kata Sahbirin Noor, Sabtu (3/6/2023).

Dijelaskan, jika Suku Banjar ternyata memiliki semangat merantau yang cukup besar, hal ini menjadi sesuatu yang tidak dapat dipungkiri jika orang Banjar itu ada di mana-mana.

“Salah satunya orang Banjar yang sejak dahulu telah merantau ialah Datu Kalampayan yang sekolah ke Mekkah pada beberapa ratus tahun yang lalu,” lanjut Sahbirin Noor. 

Selain membahas latar belakang Suku Banjar yang banyak merantau, Gubernur Kalsel juga menyebutkan perkembangan oleh kebijakan pemerintah pusat.  Diketahui, Ibu Kota Nusantara (IKN) telah ditetapkan akan dibangun di pulau Kalimantan atau pulau Borneo, tepatnya di provinsi tetangga Kalimantan Timur (Kaltim). 

“Insya Allah IKN akan pindah di Kalimantan tepatnya di Kaltim, kenapa tidak di Kalsel, karena Kalsel ke bagian gerbang Nusantara, dan kita ingin setiap siapa yang datang ke Kalsel dalam suasana nyaman dan selamat sehingga kita tambahkan dengan Kalsel Babussalam,” tuturnya.

Dalam Halal Bihalal warga Banjar, puluhan lapak kuliner khas Banjar juga dapat ditemui. Kehadiran Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor juga didampingi oleh sejumlah Kepala Satuan Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kalsel, serta pengisi hiburan yang didatangkan langsung dari Banua. Turut hadir pula Dewan Pembina KBB Jabodetabek Jenderal (Purn) AM Hendropriyono dan Rhoma Irama. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai