Pemprov Kalsel Lakukan Penebaran Benih Ikan di Perairan Kabupaten Tapin

Kepala Dislautkan Kalsel, Rusdi Hartono (dua kanan) menyebar benih ikan lokal.

Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan penebaran benih ikan lokal (restocking) di kawasan perairan umum Desa Papagan Makmur, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin.

Kepala Dislautkan Kalsel, Rusdi Hartono mengatakan, tujuan dari restocking yaitu meningkatkan stock atau populasi ikan di perairan umum, melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan serta untuk meningkatkan produksi perikanan tangkap jika perairan tersebut dimanfaatkan sebagai tempat penangkapan ikan, sehingga dari semua tujuan tersebut akan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan perairan.

“Dari segi sosial, kegiatan restocking ini juga diharapkan dapat memberikan edukasi bagi masyarakat mengenai arti penting dari menjaga kelestarian alam, khususnya sumberdaya perairan agar dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan bagi generasi yang akan datang,” kata Rusdi, Banjarbaru, Senin (29/5/2023).

Menurut Rusdi, Kabupaten Tapin merupakan salah satu lokasi yang potensial untuk mendukung kegiatan dimaksud dengan adanya potensi perairan umum sehingga diharapkan keberadaan potensi tersebut dapat dimaksimalkan.

“Adapun benih yang kita tebar di Desa Papagan Makmur sesuai arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor berupa benih ikan haruan sebanyak 10.000 ekor dan benih ikan papuyu sebanyak 40.000 ekor,” ucap Rusdi.

Dirinya pun berharap kegiatan ini menjadi pemacu semua pemangku kepentingan untuk berperan aktif dalam mendukung kelestarian sumberdaya ikan yang ada di daerah ini sehingga keberadaan ikan-ikan lokal tetap lestari dan berkelanjutan.

“Kita berharap masyarakat untuk selalu menjaga dan merawat kawasan perairan ini dari kegiatan penangkapan ikan secara illegal, pencemaran limbah dan sampah, agar benih ikan yang telah ditebar dapat tumbuh dan berkembang biak sehingga kedepan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” ungkap Rusdi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai