BPBD Kalsel Tingkatkan Patroli Karhutla

Tim Satgas Darat BPBD Kalsel melakukan monitoring. Dok

Tim Satgas Darat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan terus meningkatkan patroli ke daerah rawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Dikoordinir Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Kalsel, Pormadi, Satgas Darat BPBD Kalsel sepekan terakhir terlihat meningkatkan volume daerah jelajah patroli.

Dengan menggunakan motor trail, tim patroli berbagi tugas menjelajahi beberapa titik rawan karhutla, terutama pada daerah kawasan Bandara Syamsudin Noor dan Trikora Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Kerja yang terukur dengan berpedoman pada beberapa titik yang masuk zona merah atau zona yang memiliki tingkat kemudahan terbakar yang tinggi sesuai, update harian Sistem Peringatan Kebakaran Hutan dan Lahan (SPARTAN).

Satgas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan BPBD Provinsi Kalimantan Selatan membagi beberapa wilayah rawan di Kota Banjarbaru. Tiga unit patroli berpatroli ke daerah Guntung Manggis, Danau Cermin, dan wilayah Jalan Batu besi.

Kepala BPBD Kalsel, R. Suria Fadliansyah mengatakan sesuai arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor pihaknya diingatkan untuk tetap waspada dan siaga.

“Kita akan terus melakukan langkah langkah Pencegahan maupun Kesiapsiagaan terhadap potensi potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Selatan. Salah satu caranya dengan Optimalisasi Patroli di wilayah-wilayah rawan dan mensosialisasikan tentang bahayanya dampak Kebakaran hutan dan lahan bagi kesehatan dan perekonomian,” tuturnya. BPBD Kalsel-MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai