Sukseskan Zero ODOL, Pemprov Kalsel Terus Awasi Angkutan Kendaraan

Petugas Dishub Kalsel melakukan pengecekan dan pengawasan pada angkutan kendaraan. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel bersama stakeholder terkait terus berupaya mensukseskan program Zero Over Dimension and Over Load (ODOL) 2023 dengan melakukan penegakan kebijakan ODOL dan kegiatan pengawasan di lapangan, Banjarmasin, Selasa (23/5/2023).

Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, M Fitri Hernadi mengatakan kegiatan pengawasan tidak hanya dilakukan Dishub sendiri. Tapi pengawasan itu mulai dari BPTD Wilayah XV yang memiliki kewenangan pengawasan di jembatan timbang.

“Untuk Pengawasan tingkat kabupaten mulai dari Balai Pengujian Kendaraan, itu juga salah satu program pengawasan di Kalsel,” kata Fitri.

Meski demikian, program Zero ODOL 2023 ini tentunya masih banyak dibenahi, seperti komunikasi kepada pihak pemilik angkutan mengenai penerapan ODOL.

“Saat melakukan pengawasan kita juga berikan sosialisasi kepada para supir mengenai volume angkut kendaraan,” ujar Fitri.

Namun pemerintah tetap akan menerapkan Zero ODOL di 2023, artinya kendaraan yang tidak lolos standar akan secara otomatis tidak dapat uji kelayakan. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai