DPRD Provinsi Jambi Apresiasi Layanan Perpustakaan Daerah Milik Pemprov Kalsel

Foto bersama pada kunjungan DPRD Provinsi Jambi ke Perpustakaan Palnam Dispersip Kalsel. MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menerima kunjungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi.

Rombongan DPRD Provinsi Jambi inipun diterima langsung oleh Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie beserta pejabat struktural Dispersip Kalsel.

Kunjungan ini sendiri dilakukan dalam rangka studi banding DPRD Provinsi Jambi terkait pelaksanaan program bidang kearsipan dan perpustakaan di Provinsi Kalsel.

“Dibandingkan dengan Provinsi Kalsel, kami di Provinsi Jambi masih belum ada apa-apanya, banyak sekali hal yang kami dapatkan pada kunjungan kali ini,” kata Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jambi, Syahruddin, Banjarmasin, Senin (15/5/2023).

Syahruddin menjelaskan, salah satu yang bisa diambil pada kunjungan kali ini adalah pembuatan kartu anggota perpustakan yang sangat cepat.

“Di Jambi masih belum ada yang seperti ini, dan saya pikir ini bisa kita adaptasi di Jambi, karena masyarakat pasti memerlukan kartu anggota ini untuk meminjam buku di perpustakaan daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengapresiasi atas kunjungan dari pihak DPRD Provinsi Jambi ini.

Menurutnya, setiap Dispersip di setiap provinsi pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Dan tentunya melalui kunjungan seperti ini, lanjut Nurliani, kedua belah pihak bisa saling berbagi untuk memajukan bidang perpustakaan dan kearsipan di daerahnya.

“Bagi kami Dispersip Provinsi Jambi punya banyak kelebihan, salah satunya yakni sudah adanya Perda Kearsipan yang mengatur tata kelola kearsipan disana, sementara di Kalsel masih belum punya, dan hal ini yang kita pelajari agar di Kalsel juga bisa punya Perda Kearsipan,” tukasnya.

Pada kunjungan ini, rombongan DPRD Provinsi Jambi juga memuji kelengkapan fasilitas yang ada di Perpustakaan Palnam milik Pemprov Kalsel tersebut, diantaranya fasilitas dan layanan perpustakaan anak, dan juga layanan gedung perpustakaan disabilitas serta fasilitas teater mini. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai