Forum Diskusi Bangunan Gedung Penanganan Bangunan Bertingkat

Dinas Pelerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan Forum diskusi bangunan gedung Penanganan bangunan bertingkat di lahan rawa di Banjarmasin, Selasa (14/6/2022). MC Kalsel/tgh

Guna memberikan pemahaman tentang bangunan gedung di lahan rawa, Dinas Pelerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan forum diskusi bangunan gedung penanganan bangunan bertingkat di lahan rawa di Banjarmasin. 

Plt Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan mengatakan forum diskusi bangunan gedung merupakan salah satu perwujudan Pemprov dalam melakukan pembinaan dan penyebarluasan informasi melalui forum diskusi guna menjawab tantangan yang dihadapi para engineering dalam mendesain dan mengimplementasikan sebuah konstruksi khususnya di lahan gambut rawa.

“Dengan adanya forum diskusi ini diharapkan juga para narasumber merumuskan poin-poin penting dalam penyelenggaraan bangunan gedung bertingkat khususnya di lahan rawa,” kata Solhan, Selasa (14/6/2022).

Forum diskusi ini juga melibatkan pihak regulasi sesuai amanat PP 16 tahun 2021 guna memastikan setiap perizinan bangunan gedung sesuai dengan SOP yang telah ditentukan.

“Forum diskusi ini juga bekerja sama dengan Kementerian PUPR, Akademisi, Asosiasi serta Pratiwi yang bergerak dan berpengalaman pada bidang konstruksi baik regulasi dan pelaksanaan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel, Agung Dewanto mengatakan tugas Pemerintah Provinsi berdasarkan PP no 12 tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan OPD tenaga teknis seperti Dinas PUPR Provinsi merupakan pembina OPD yang ada di Kabupaten/kota.

Untuk itu diharapkan dari sisi regulasi dan pengawasan bangunan, tenaga ahli harus bertanggung jawab terhadap insiden bangunan ke depannya.

“Jadi diharapkan adanya regulasi mulai dari perencanaan sampai pembangunan, tenaga ahli dapat bertanggung jawab ke depannya,” pungkasnya. 

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari PPK Prasarana Strategis dan BPB Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel Son Azis Cahyo Luckyto, Tenaga pengajar Program Studi Magister Teknik Sipil ULM Rustam Effendi, Dosen politeknik negeri Banjarmasin Joni Irawan, Ketua IAI Kalsel Deddy Iskandar Ma’ruf dan Tenaga ahli struktur dewan pakar Intakindo Kalsel Hasan Husaini. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai