Gubernur Kalsel Berikan Motivasi Kepada 90 Peserta Seleksi Calon Paskibraka Tahun 2023

Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar (kanan) saat mengalungkan tanda peserta kepada Calon Paskibraka di salah satu hotel di Banjarmasin. Dok

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar memberikan motivasi kepada 90 peserta seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Duta Pancasila Provinsi Kalsel di salah satu hotel di Banjarmasin.

“Selamat kepada para peserta seleksi yang terpilih mewakili kabupaten/kota masing-masing, semoga kesempatan ini menjadi salah satu bekal yang mewarnai perjalanan hidup kalian menjadi generasi muda yang dapat diandalkan bagi kemajuan bangsa dan negara tercinta ini,” ujar Roy Rizali Anwar, Selasa (9/5/2023).

Sekda Kalsel juga menyebutkan, jika sejarah telah menuliskan betapa berat dan besarnya perjuangan serta pengorbanan para pahlawan bangsa, tidak hanya keringat dan air mata, tapi juga darah, bahkan nyawa yang harus dipertaruhkan.

Hari Jumat, 17 Agustus 1945 merupakan tanggal bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan tegas Presiden Soekarno didampingi Mohammad Hatta mengumumkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

“Sejak saat itu, bangsa Indonesia bebas merdeka dari penjajahan dan kekuasaan bangsa lain, ini sebagai bentuk suka cita, rasa syukur dan penghargaan atas perjuangan para pahlawan, maka tanggal 17 Agustus selalu diperingati dengan melaksanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan”.

Seleksi Paskibraka Duta Pancasila Prov Kalsel Tahun 2023 ini dilaksanakan selama tiga hari, dari hari Selasa sampai Kamis tanggal 9 – 11 Mei yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalsel. 

90 peserta terdiri 45 putra dan 45 putri merupakan pelajar dari Kelas 10 telah melalui tahapan seleksi pada kabupaten kota se-Kalsel. Nantinya mereka akan dipilih 41 orang untuk menjadi Calon Paskibraka Kalsel terdiri dari 39 untuk Kalsel dan 2 dikirim untuk mewakili Provinsi Kalsel ke tingkat nasional. 

Adapun metode yang diterapkan dalam seleksi yakni seleksi kesehatan, seleksi parade, seleksi Pancasila dan wawasan kebangsaan, seleksi intelegensi umum, seleksi peraturan baris berbaris (PBB) dan kesamaptaan, serta seleksi kepribadian. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai