Gubernur Kalsel Persiapkan Nasional Halal Fair

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai (kiri) saat memaparkan persiapan Nasional Halal Fair. Dok

Gubernur Kalimantan Selatan melalui Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai melakukan berbagai persiapan untuk menggelar Nasional Halal Fair pada tanggal 10-15 April 2023 di jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin.

“Kita sudah mendata untuk UMKM yang akan dilibatkan dalam kegiatan Halal Fair ini, ada 41 UMKM yang sudah memiliki label halal dan memiliki layanan pembayaran digital QRIS,” kata Gusti Yanuar Noor Rifai, Selasa (4/4/2023).

Pelaksanaan Nasional Halal Fair ini sebagai apresiasi Pemerintah Pusat kepada delapan daerah untuk menyukseskan program ini sebagai wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah, salah satunya Kalimantan Selatan.

Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk rapat koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel, instansi atau SKPD terkait di lingkungan Pemprov Kalsel serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kalsel.

“Senin sore kemarin, telah dilaksanakan rapat koordinasi dan meninjau lokasi kegiatan Nasional Halal Fair yang berada di sekitar Pasar Wadai jalan Jenderal Sudirman dan Kantor Gubernur di Banjarmasin,” katanya.

Sementara itu, Deputi Kepala KPw BI Kalsel, Bimo Epyanto menjelaskan inisiasi Pemprov Kalsel melaksanakan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk pengendalian inflasi dengan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Ada dua sebenarnya yang ingin dicapai, pertama untuk menyediakan barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau lalu kemudian juga untuk memasyarakatkan pola hidup yang sesuai dengan ajaran syariat, tentunya dengan nilai-nilai halal,” ujar Bimo Epyanto.

Selain menghadirkan stand UMKM, kegiatan ini juga ada pameran produk UMKM seperti fashion, kerajinan, makan dan minuman dengan tema menyesuaikan saat ini bulan Ramadan, sehingga tema yang diusung yakni Halal Fair.

Rapat dipimpin oleh Sekretaris Daerah Pemprov Kalsel, Roy Rizali Anwar didampingi oleh Kepala KPw BI Kalsel Wahyu Pratomo dan Kepala Staf Korem (Kasrem) 101 Antasari, Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai