Ciptakan Pemilu Yang Harmonis

Seminar Budaya Pemilu yang Harmoni yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri secara virtual. Dok

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan, Heriansyah yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama dan Organisasi Kemasyarakatan, Jufrida Khairani mengikuti Seminar Budaya Pemilu yang Harmoni yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri secara virtual.

“Pelaksanaan Pemilu tahun 2024 saat ini tengah memasuki berbagai tahapan dan persiapan, peran penting berbagai unsur baik itu penyelenggara pemilu, pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” sebut Jufrida Khairani, Jumat (17/3/2023).

Lebih luas lagi disebutkan, peran penting pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 yakni peran masyarakat secara luas, kemudian keragaman budaya bagi Bangsa Indonesia yang majemuk patut disadari sebagai warisan untuk saling bergotong royong menyukseskan pemilu.

“Melalui pemilihan umum yang bersifat demokratis, ke depan kita harus bergotong-royong untuk menciptakan dan memperkuat budaya pemilu yang damai tertib dan aman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dan dalam kerangka NKRI yang berdasarkan Pancasila,” lanjutnya.

Seminar virtual (Webinar) ini diikuti oleh Asisten bidang pemerintah, Bakesbangpol, Bappeda, Kominfo, Biro hubungan, Dinas pemajuan masyarakat adat, Pengurus partai politik, KPU, Bawaslu di tingkat provinsi dan kabupaten kota seluruh Indonesia. Diawali dengan sambutan Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya La ode Ahmad, kemudian Dirjen Polpum Bahtiar sekaligus membuka seminar.

Hadir sebagai narasumber, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek – Restu Gunawan (Peran Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Pemilu Damai), Anggota Bawaslu – Puadi (Pengawasan pada Masa Kampanye), serta Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan – Bambang Hendroyono (Isu Lingkungan Hidup dalam Pemilu Serentak 2024 Konsep Pembangunan Politik dan Sistem Pemilu yang Ramah Lingkungan Hidup). MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai