Dinas Kominfo Terus Berkoordinasi Dorong Percepatan Pendistribusian STB

Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Muhamad Muslim (kiri) menyerahkan STB kepada masyarakat. MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mempercepat pembagian bantuan Set Top Box (STB) di wilayah Kalsel 1 yakni Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut sebelum 20 Maret mendatang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kalsel mengatakan, akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo, KPID, dan pihak terkait lainnya untuk bersama-sama mendorong percepatan pendistribusian STB ini.

“Untuk wilayah Kalsel 1 sendiri mendapatkan kuota sebanyak 21.626 STB, dalam sisa waktu enam hari ini, Pemerintah Provinsi Kalsel bersama stakeholder terkait akan mendorong percepatan pendistribusian. Semoga sebelum 20 Maret nanti capaian distribusi kita bisa sampai 90 persen,” kata Muslim saat ditemui usai pembukaan Rakor Teknis Digitalisasi Penyiaran Televisi, Banjarmasin, Selasa (14/3/2023).

Muslim mengungkapkan, terdapat sejumlah kendala di lapangan yang menghambat percepatan pendistribusian STB, seperti banjir dan lainnya mengingat saat sedang terjadi cuaca ekstrem di Kalsel.

“Ada beberapa faktor kondisi yang menghambat seperti banjir karena cuaca yang ekstrem. Sementara ini, Kota Banjarmasin capaian lebih tinggi dari seluruh wilayah di Kalsel 1, sedangkan di Kabupaten Banjar capaiannya masih kecil, karena ada beberapa titik lokasi yang mengalami banjir,” tutur Muslim.

Lebih jauh Muslim menjelaskan, saat ini cakupan pendistribusian STB di wilayah Kalsel 1 telah mencapai 78 persen, angka tersebut lebih tinggi untuk cakupan di luar pulau Jawa seperti Bali dan juga Sumatera Selatan.

“Insya Allah bisa diyakinkan 20 Maret nanti akan ASO, kami mengimbau kepada masyarakat terutama yang televisinya belum bisa menangkap siaran digital dan tidak masuk dalam data penduduk miskin ekstrem, untuk dapat membeli di online market place, dan retail modern,” ujar Muslim.

Sementara itu, Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia mengatakan, pihaknya bersama Pemda setempat akan mendirikan sejumlah posko untuk mengakomodir masyarakat yang telah terdata namun belum mendapatkan bantuan STB.

“Kita akan dirikan posko bagi masyarakat yang terdata namun belum mendapatkan STB, jadi semisalkan saat kita bagikan dirumahnya tidak ada orang, nanti bisa datang ke posko tersebut. Masyarakat bisa mengecek di aplikasi Cek Bantuan Set Top Box,” ucap Gery.

Sedangkan terkait dengan program siaran, Gery mengungkapkan, untuk wilayah Kalsel 1 sudah ada 26 program siaran televisi digital yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Total semua siaran ada 26 program siaran televisi digital, jadi masyarakat bisa menikmati berbagai macam hiburan di televisi digital nanti” tutup Gery. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai