Pemprov Kalsel Berikan Penghargaan Pelayanan Publik dan RB Serta Sakip Kepada Kabupaten/Kota

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah, Roy Rizali Anwar pada pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Organisasi dan Pelayanan Publik se-Kalsel sekaligus Penyerahan Penghargaan Pelayanan Publik dan RB serta Sakip di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Kamis (9/3/2023).

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah, Roy Rizali Anwar menyebutkan motivasi dan inspirasi pelayanan pemerintah kabupaten/kota se-Kalsel yang terus berinovasi dan berkolaborasi, akan mendapatkan apresiasi dari Pemprov Kalsel.

Hal itu disampaikan pada pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Organisasi dan Pelayanan Publik se-Kalsel sekaligus Penyerahan Penghargaan Pelayanan Publik dan RB serta Sakip di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Kamis (9/3/2023).

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi kita semua, dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat, selamat atas penghargaan yang telah diraih, semoga keberhasilan yang dicapai hari ini dapat terus dijaga dan ditingkatkan ke depannya,” sebut Roy Rizali Anwar, Kamis (9/3/2023).

Momentum penyerahan penghargaan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota se-Kalsel sekaligus sebagai komitmen penting untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih di Kalsel.

Lanjut, dijelaskan sektor pelayanan publik dan reformasi birokrasi menjadi dua hal yang sangat penting dalam pembangunan. Kualitas pelayanan publik yang baik, akan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sedangkan reformasi birokrasi ditujukan untuk mempercepat dan memudahkan proses pengambilan keputusan, serta mengurangi hambatan birokrasi, yang sering kali menjadi kendala dalam memajukan pembangunan.

“Kita ketahui, salah satu upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik, pemerintah terus mendorong pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk mengintegrasikan pelayanan, meningkatkan kecepatan, jangkauan, keamanan, dan kenyamanan pelayanan,” lanjutnya.

Pemprov Kalsel memandang MPP sebagai sarana yang digunakan oleh pemerintah untuk optimalisasi pelayanan publik, sehingga dapat memberikan layanan publik yang lebih baik kepada masyarakat.

Saat ini terdapat 5 MPP di Kalsel yaitu di Kabupaten Tabalong, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Banjar, dan Kota Banjarbaru.

Adapun penerima penghargaan dari tiga kategori pada tahun ini yakni, untuk Reformasi Birokrasi Kabupaten Hulu Sungai Selatan nilai 70.45 (BB), Kota Banjarmasin nilai 68.59 (B), Kota Banjarbaru nilai 66.14 (B), Kabupaten Tanah Laut nilai 60.19 (B), dan Kabupaten Balangan nilai 60.03 (B).

Kemudian Peringkat 5 tertinggi Akuntabilitas Kinerja Kabupaten Hulu Sungai Selatan nilai 81.50 (A), Kota Banjarmasin nilai 71.20 (BB), Kabupaten Barito Kuala nilai 68.94 (B), Kabupaten Tapin nilai 68.93 (B), dan Kabupaten Tabalong nilai 68.37 (B).

Sedangkan Peringkat 5 tertinggi Pelayanan Publik dan MPP Kabupaten Tabalong terbaik 1, Kota Banjarbaru terbaik 2, Kabupaten Hulu Sungai Selatan terbaik 3, Kabupaten Barito Kuala terbaik 4, dan Kabupaten Tanah Laut terbaik 5. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai