Hari Bhakti Rimbawan ke-40, Dishut Kalsel Akan Laksanakan Penanaman Pohon Bersama

Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel saat melakukan gotong royong pembersihan sampah, disekitar kawasan Lapangan Golf Kecamatan Landasan Ulin Utara, Banjarbaru. dok

Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan ke-40 sekaligus Hari Desa Asri Nusantara, Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan melaksanakan penanaman pohon bersama disekitar kawasan Lapangan Golf Kecamatan Landasan Ulin Utara, Banjarbaru pada 15 Maret mendatang.

Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra menyampaikan, penanaman pohon bersama bertemakan “Rimbawan Banua Hijaukan Lingkungan, Mendukung Indonesia’s FOLU Net Sink (IFNS) 2030”, dengan penanaman nantinya menjadi langkah besar untuk menghijaukan hutan dan lahan di Kalsel.

“Jadi, kemarin itu sudah dilaksanakan gotong royong dengan pembersihan sampah ranting pohon dan rumput yang mati, pemasangan tiang ajir tanaman, meratakan gundukan tanah dan 200 bibit pohon tanjung yang ditanam,” kata Fathimatuzzahra, di Banjarbaru, Rabu (8/3/2023).

Disampaikan Fathimatuzzahra, penanaman pohon bersama akan dipimpin langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dengan diikuti instansi vertikal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta SKPD di lingkup Pemprov Kalsel.

Diutarakan Fathimatuzzahra, gerakan penanaman pohon akan terus digelorakan sebagai upaya untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

“Hal ini, sesuai instruksi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam menyukseskan program revolusi hijau yaitu menanam, menanam dan menanam untuk anak cucu kita nantinya,” tutur Fathimatuzzahra.

Fathimatuzzahra pun mengatakan, penanaman pohon salah satu program unggulan pemerintah sehingga perlu mendapat dukungan dari seluruh komponen masyarakat.

“Maka dari itu, semua pihak agar bisa berpartisipasi menggencarkan gerakan revolusi hijau dalam upaya pelestarian lingkungan,” pungkas Fathimatuzzahra. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai