Pohon Untuk Kelangsungan Hidup Bekantan

Sebanyak 20 mahasiswa dan tiga profesor dari The University of Newcastle Australia bersama Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Sahabat Bekantan Indonesia (SBI), Pena Hijau Indonesia, dan siswa GIBS, tanam pohon Rambai (Sonneratia Caseolaris) di kawasan Pulau Curiak, Barito Kuala, Jumat (6/7/2018). MC Kalsel/rmd

Sebanyak 20 mahasiswa dan tiga profesor dari The University of Newcastle Australia bersama Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Sahabat Bekantan Indonesia (SBI), Pena Hijau Indonesia, dan siswa GIBS, tanam pohon Rambai (Sonneratia Caseolaris) di kawasan Pulau Curiak, Barito Kuala, Kalsel.

Mahasiswa dari Negeri Kanguru itu, merupakan bagian dari The New Colombo Plan, Biodiversity Proboscis Monkey and Orang utan Program in Borneo, yang melakukan penelitian terkait perilaku dan habitat Bekantam di Kalsel.

Ketua Sahabat Bekantan Indonesia Amalia Rezeki mengatakan, kegiatan ini menjadi kesempatan bagi Kalsel untuk lebih menyosialisasikan pentingnya menjaga habitat asli primata endemik Kalimantan ini.

“Kita bersama-sama menanam pohon Rambai, yang merupakan habitat Bekantan untuk hidup dan berkembang biak,” katanya, Jumat (6/7/2018).

Prof Michael dari The University of Newcastle Australia, mengatakan pihaknya datang ke Kalimantan guna melihat langsung habitat asli Bekantan.

“Hutan mangrove merupakan habitat asli Bekantan. Kita bersama-sama membangun habitat asli bagi Bekantan,” katanya.

Mahasiswi The University of Newcastle Australia Tiara mengatakan, hutan mangrove yang tumbuh di kawasan Pulau Curiak harus dijaga kelestariannya, sehingga Bekantan bisa berkembangbiak dengan baik.

Sedang Ketua Pena Hijau Indonesia, Denny Susanto mengatakan keikutsertaan penahijau sebagai bentuk dukungan untuk ikut menyelamatkan bekantan.,” Kami juga menghimbau masyarakat dan pemda ikut peduli terhadap hutan mangrove, karena berhubungan dengan ekosistem perairan dan ekonomi masyarakat selain untuk kelangsungan hidup bekantan,” pungkasnya. MC Kalsel/rmd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan