Bimtek Pengelolaan Dana Hibah Untuk Keuangan Transparan dan Akuntabel

Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Dana Hibah Organisasi Kepemudaan, Kepramukaan dan Olahraga bagi penerima hibah tahun anggaran 2023 di Banjarmasin, Senin (6/3/2023). MC Kalsel/tgh

Pengurus organisasi kepemudaan, kepramukaan dan olahraga diberikan pembekalan melalui Bimbingan Teknis pengelolaan dana hibah tahun 2023 di Hotel Berbintang Banjarmasin.

Bimtek tersebut dilakukan untuk meningkatkan kinerja para organisasi kepemudaan, kepramukaan dan keolahragaan dalam mengelola dana hibah, sehingga pelaporan dapat berjalan tertib sesuai peraturan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah mengatakan seluruh organisasi yang menerima dana hibah, agar taat pada aturan penggunaan dana hibah dan menghindari dua anggaran dan anggaran fiktif, sehingga dapat tercipta pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan.

“Diharapkan organisasi kepemudaan dan olahraga yang menerima dana hibah, agar dapat metaati peraturan dan dapat mempertanggung jawabkan, sehingga tidak bermasalah saat pelaporan di akhir tahun,” kata Hermansyah, Senin (6/3/2023).

Ia berharap melalui Bimtek ini, juga dapat tercipta program kerja yang baik untuk memajukan kepemudaan dan keolahragaan di Kalsel.

“Oleh karena itu, ketika sukses menerima dana hibah, maka harus sukses juga dalam pelaksanaan dan sukses dalam pertanggungjawabannya,” ungkapnya.

Lanjut Hermansyah, pada tahun ini, dana hibah yang dikucurkan sebesar Rp30 miliar terdiri atas Rp9 miliar untuk organisasi kepemudaan dan Rp21 untuk keolahragaan, namun jumlah ini lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, karena adanya penambahan penerima dana hibah.

“Dengan dana yang meningkatkan ini, diharapkan dapat menghasilkan prestasi di bidang keolahragaan dan kepemudaan,” ucapnya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Denny Saputera mengatakan, melalui Bimtek ini diharapkan semakin meningkatkan pemahaman dan profesionalitas personel organisasi keolahragaan, kepemudaan, dan pramuka se-Kalsel dalam mengelola dana hibah.

“Semoga peserta dapat mengaplikasikan Bimtek ini nantinya,” tuturnya.

Kegiatan Bimtek pengelolaan dana hibah diselenggarakan selama tiga hari, dari tanggal 6-8 Maret 2023 dengan menghadirkan narasumber yang profesional. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai