Taman Budaya akan lakukan peremajaan Gedung Balairung Sari

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti, di Banjarmasin, Senin (6/3/2023). MC Kalsel/usu.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan akan melakukan peremajaan fasilitas yang dimiliki Gedung Balairung Sari pada tahun 2023.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti mengungkapkan di tahun ini pihaknya akan fokus pada panggung utama di Gedung Balairung Sari.

“Karena tahun sebelumnya, kami sudah menaikkan lantai, memperbaiki ruang rias serta toilet yang ada di panggung belakang, maka untuk tahun ini kami akan memperbaiki panggung utama,” ucapnya, Banjarmasin, Senin (6/3/2023).

Ia menjelaskan, panggung utama merupakan sentral tempat para seniman menampilkan pertunjukan. Untuk pengerjaan, rencananya dimulai pada bulan April menunggu anggaran pemeliharaan dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Semoga pada awal April sudah mulai pengerjaan nya,” katanya.

Lanjut, selama peremajaan tersebut, maka gedung sementara dinonaktifkan sampai pengerjaannya selesai.

“Walaupun saat ini sudah banyak kegiatan yang dilakukan seperti teater serta acara kebudayaan, maka kita coba pindahkan ke panggung terbuka taman budaya,” tuturnya.

Pihaknya berharap, para kontraktor dapat sesegara mungkin menyelesaikan peremajaan gedung balairung sari, sehingga para seniman dapat kembali menggunakan fasilitas taman budaya.

“Karena gedung tersebut merupakan salah satu lokasi bagi seniman untuk berkreativitas, berekspresi dan berprestasi di bidang seni,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai