BLK Kalsel Jalin Sinergi Bersama UIN Antasari Dalam Peningkatan Kompetensi Mahasiswa

Kepala BLK Provinsi Kalsel, Muhammad Yusfiansyah (tengah) saat melakukan penandatangan kerjasama dengan UIN Antasari dalam peningkatan kompetensi mahasiswa. Dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalsel membangun kerja sama pelatihan dan sertifikasi bagi Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin untuk peningkatan kompetensi mahasiswa.

Kepala BLK Provinsi Kalsel, Muhammad Yusfiansyah mengungkapkan, bentuk sinergi yang akan pihaknya lakukan berupa pemberian pelatihan, sebagai peningkatan keahlian kepada para mahasiswa yang mau lulus dari kuliah.

“Apabila telah lulus, tidak bingung lagi ingin melanjutkan bekerja di perusahaan ataupun berwiraswasta, karena sudah memilki keahlian yang telah kami berikan di BLK,” ucapnya, Banjarbaru, Rabu (22/2/202)

Ia menjelaskan, kerja sama ini untuk membantu dunia pendidikan dengan memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan tambahan pengetahuan serta keterampilan baru yang belum diajarkan.

Lalu, pada saat lulus dari pelatihan, para mahasiswa akan memiliki dua sertifikat. Dua sertifikat itu yaitu sertifikat yang dikeluarkan BLK Provinsi Kalsel dan sertifikat yang dikeluarkan langsung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) setelah melalui uji kompetensi.

“Untuk sertifikat yang dikeluarkan BNSP, para peserta harus melalui uji kompetensi, dimana langsung diuji dengan yang profesional di bidangnya sebagai bukti bahwa prosesnya benar-benar independen dan sangat obyektif,” tegasnya.

Selain mendapatkan keterampilan dan pengetahuan baru pada saat pelatihan, para mahasiswa ketika menjadi alumni mereka benar-benar telah siap untuk terjun di dunia kerja sebagai angkatan kerja yang kompeten dan berdaya saing.

“Sehingga sangat membantu untuk meminimalkan angka pengangguran bagi sarjana, khususnya alumni UIN Antasari,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai