Jelang Nataru, Dishub Kalsel Akan Laksanakan Ramp Check

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel, M Fitri Hernadi. MC Kalsel/dok

Jelang peringatan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel akan melakukan pengecekan kesehatan angkutan kendaraan, baik darat maupun laut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dishub Provinsi Kalsel, M Fitri Hernadi melalui pesan singkatnya, Banjarmasin, Kamis (22/12/2022).

Fitri Hernadi mengatakan, menjelang Nataru jajaran Dishub Kalsel bekerja sama dengan BTPD Wilayah XI akan melaksanakan ramp check kelayakan kendaraan sebelum beroperasional di Terminal Tipe B Banjarmasin dan Terminal Gambut Barakat.

“Pengecekan dilakukan untuk memastikan kelayakan armada dan para supir juga diperiksa kesehatannya,” kata Fitri.

Kemudian untuk di kabupaten/kota, Fitri menyebut, akan ada posko-posko arus mudik Nataru di beberapa titik serta pada setiap objek wisata juga ada posko pemantauan.

“Jadi setiap kabupaten/kota ada posko angkutan lalu lintas. Karena diprediksi Nataru tahun ini lebih banyak orang berwisata, meskipun tidak sebanyak momen libur Idulfitri,” ungkap Fitri.

Fitri mengimbau untuk perayaan tahun baru, masyarakat jangan melakukan kegiatan yang berlebihan, namun juga tidak dilarang. Masyarakat diharapakan tetap melaksanakan anjuran protokol kesehatan seperti menghindari kerumunan dan tetap menggunakan masker.

Disampaikan Fitri, pada Nataru 2023 ini arus mudik diprediksi aman lancar, mengingat angkutan udara dan bandara di Kalsel yang mampu menampung ribuan penumpang.

“Jika melihat Nataru di 2022, pelaksanaan mudik hanya sampai 3.500 penumpang, kalau sekarang untuk angkutan udara ada 15 rute dan Bandara Kalsel mampu menampung 10.000 ribu penumpang. Jadi untuk angkutan di Kalsel aman,” ujar Fitri. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai